PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KONSEP DASAR SISTEM KOMUNIKASI DATA SINYAL DIGITAL MELALUI MEDIA KABEL FIBER DAN FREKUENSI RADIO DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

  • Singgih Prasetiyono . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran E-Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan Edmodo yang diaplikasikan untuk siswa kelas XI TEI di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Materi yang disajikan adalah materi mengenai komunikasi data dengan berbantu media.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode model Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu tahap potensi masalah, tahab tahap pengumpulan data, tahab desain produk, tahab validasi desain, tahap revisi produk, tahab uji coba produk, tahab analisa dan pelaporan.

Hasil penelitian pengembangan ini diperoleh dari hasil penilaian validator yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan layak digunakan dan sangat valid. Adapun penilaian yang diberikan pada tiap-tiap pernyataan adalah sebagai berikut: dari aspek format dalam pembelajaran E-Learning ini dinyatakan sangat valid dengan rating 82.71 %, aspek ilustrasi dinyatakan sangat valid dengan hasil rating 92.37%, aspek bahasa dinyatakan sangat valid dengan hasil rating 89%, dan aspek isi dinyatakan valid dengan hasil rating 79.42%. Hal ini berarti media ini layak digunakan untuk proses pembelajaran. Respon siswa terhadap media pembelajaran E-Learning ini dari aspek desain media pembelajaran mendapatkan 72.14%, aspek isi materi yang terdapat dalam media pembelajaran meliputi ilustrasi dan bahasa mendapatkan 82.85%, berarti digolongkan dalam media sangat baik, dan aspek akses media pembelajaran E-Learning mendapatkan 96.43%, yang berarti digolongkan dalam media sangat baik, Oleh karena hasil hasil respon menunjukkan bahwa keseluruhan aspek media pembelajaran E-Learning pada mata pelajaran komunikasi data termasuk dalam kategori baik, maka media ini layak digunakan pada proses pembelajaran.

Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan sebagai refrensi dalam pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran komunikasi data di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto.

 

Kata kunci: E-Learning, Komunikasi data, Edmodo, penelitian Research and Development.

 

Abstract

This research is the development of E-Learning instructional media. This study aims to produce media based learning E-Learning using Edmodo that will be applied to students of class XI TEI in SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. The material presented is a matter concerning assisted data communication with this.

This research is the development of a model refers to the method of Research and Development (R & D). In this study there are 7 (seven) stage is the stage of potential problems, data collection phase, product design, design validation, product revision stage, product testing, analysis and reporting.

The development of research results obtained from the assessment shows that the validator is viable learning medium used and very valid. The assessment is given in each statement is as follows: from the aspect of learning formats in E-Learning is stated very valid with a rating of 82.71 %, expressed very valid aspects illustration with 92.37 % rating results, expressed very valid aspects of language with rating 89 results %, and the content is valid aspects of the rating results of 79.42 % this means it's a good medium used for the learning process. And for the student response to the instructional media e-Learning instructional media design aspects of getting 72.14 %, the content aspect of the material contained in the media include illustrations and language learning gain 82.85 % were classified in the medium means very good , and aspects of instructional media access E - Learning get 96.43% were classified in the medium means very good , therefore the results of the response results showed that all aspects of E-Learning instructional media on subjects comunication of data included in both categories, it is feasible to use the media in the learning process.

Conclusions This study is the E-Learning based learning Edmodo developed by researchers declared fit for use as references in learning, especially for subjects in the data communications 1 Jetis SMK Mojokerto.

Keywords: E-Learning, Data Communications, Edmodo, research Research and Development.

Author Biographies

Singgih Prasetiyono ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., S., & Sumbawati, M. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KONSEP DASAR SISTEM KOMUNIKASI DATA SINYAL DIGITAL MELALUI MEDIA KABEL FIBER DAN FREKUENSI RADIO DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 251