PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SENSOR WARNA BERBASIS ARDUINO UNO DALAM BENTUK APLIKASI ALAT PEMBACA 8 JENIS WARNA PADA MATA KULIAH BENGKEL ELEKTRONIKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Dandhi Arya Kriswandono Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Bambang Suprianto . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian Skripsi ini menghasilkan media pembelajaran yang berupa jobsheet dan trainer. Media pembelajaran tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer kit sensor warna sebagai media pembelajaran. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat psikomotor mahasiswa terhadap keterbacaan jobsheet dan sebagai solusi dari keterbatasan peralatan pada saat praktikum Mata Kuliah Bengkel Elektronika di Universitas Negeri Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) sebagaimana metode ini paling efektif digunakan untuk meneliti pemberian hal baru kepada objek yang diteliti. Pada penelitian ini tidak semua langkah digunakan, disesuaikan dengan tujuan dari penelitian. Untuk mengetahui kelayakan trainer kit sensor warna  dilakukan (1) validasi trainer dan validasi jobsheet oleh 3 validator, (2) penilaian tingkat psikomotor mahasiswa terhadap keterbacaan jobsheet. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa lembar kerja berupa jobsheet dan trainer kit sensor warna pada Mata Kuliah Bengkel Elektronika di Universitas Negeri Surabaya, kemudian mengujicobakan secara terbatas kepada 15 mahasiswa S1 ELKOM A 2011 untuk mengetahui kelayakan trainer terhadap perangkat pembelajaran tersebut.

Penilaian tingkat kelayakan trainer kit sensor warna dibagi dalam 2 bagian yaitu: (1) uji kelayakan pada trainer yang dinyatakan memenuhi syarat (sangat layak) dengan rincian berupa hasil rating pada trainer 91.92%, dengan beberapa aspek didalamnya. Pada aspek ergonomis trainer kit sensor warna memiliki prosentase 92.4%, pada aspek rangkaian memiliki prosentase 87.5%, dan pada aspek dimensi memiliki prosentase 95.85%. (2) uji kelayakan pada jobsheet yang dinyatakan memenuhi syarat (sangat layak) dengan rincian berupa hasil rating pada jobsheet 89.35%, dengan beberapa aspek didalamnya. Pada aspek perwajahan dan tata letak jobsheet memiliki prosentase 88.87%, pada aspek ilustrasi memiliki prosentase 83.33%, dan pada aspek isi memiliki prosentase 95.85%. Hal ini berarti media pembelajaran ini sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran. Dalam pengujian keterbacaan jobsheet, pada percobaan pertama memiliki prosentase 87.14% dan pada percobaan kedua memiliki prosentase 87.14%.

Kata kunci: research and development, trainer kit sensor warna, jobsheet

Abstract

This thesis research produces instructional media in the form of jobsheet and trainer . The media learning aims to determine the feasibility trainer kit color sensor as a learning medium . In addition, to determine the level of students' psychomotor jobsheet legibility and the solution of practical limitations of the equipment at the time of the Electronics Workshop Course at the State University of Surabaya .

The method used is the method of research and development (R & D) as the most effective method is used to examine the provision of new things to the object under study . In this study, not all the measures used , adapted to the purpose of the research . To determine the feasibility trainer kit color sensor is done (1) validation and validation jobsheet trainer by 3 validator , (2) assessment of the readability level of students psychomotor jobsheet . This study develops learning tools in the form of a worksheet jobsheet and trainer kit color sensor on Electronics Repair Course at the State University of Surabaya , then trying out is limited to 15 students S1 ELKOM A 2011 to determine the feasibility of a trainer to the learning device .

Feasibility level assessment trainer kit color sensor is divided into 2 parts: (1) test the feasibility of otherwise qualified trainer (very decent) with details on the form of the trainer rating 91.92 % , with some aspects of it. On the ergonomic aspects trainer kit color sensor has a percentage of 92.4 % , the aspect of the series has a percentage of 87.5 % , and the aspect of the dimensions has a percentage of 95.85 % . (2) due diligence on jobsheet are otherwise eligible (very decent) with details of the form of the rating on jobsheet 89.35 % , with some aspects of it. At the typographical arrangement and layout aspects have a percentage of 88.87 % jobsheet , on aspects of illustration has a percentage of 83.33 % , and the content aspect has a percentage of 95.85 % . This means it is well worth learning media used for the learning process . In testing jobsheet legibility , in the first experiment has a percentage of 87.14 % and in the second experiment has a percentage of 87.14 % .

Keywords : research and development , trainer kit color sensor , jobsheet

Author Biographies

Dandhi Arya Kriswandono, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Bambang Suprianto ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Kriswandono, D., & ., B. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SENSOR WARNA BERBASIS ARDUINO UNO DALAM BENTUK APLIKASI ALAT PEMBACA 8 JENIS WARNA PADA MATA KULIAH BENGKEL ELEKTRONIKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 27