PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • Muh Thony Fatkhurrochman Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak, melatihkan nilai-nilai karakter untuk memenuhi tuntutan dunia kerja diantaranya bertanggung jawab, bekerja sama, jujur, disiplin, saling menghargai, dan tidak mudah putus asa,, mengetahui ketuntasan belajar siswa yang meliputi pengetahuan dan ketrampilan, dan mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran teknik elektronika dasar.

Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan karakter dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran teknik elektronika dasar dengan mengacu model instructional development cycle, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 27 siswa Kelas X TAV I SMK Negeri 1 Madiun. Rancangan dalam uji coba menggunakan one-group pretest-postest design.

Temuan hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran yang dikembangkan berorientasi pendidikan karakter dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dilengkapi Kunci LKS, dan Lembar Penilaian (LP) dilengkapi dengan Kunci LP dikategorikan baik. Nilai-nilai karakter siswa diantaranya bertanggung jawab, bekerja sama, jujur, disiplin, saling menghargai, dan tidak mudah putus asa memperoleh nilai kompetensi baik. Persentase ketuntasan belajar pengetahuan siswa sebesar 85,19%, persentase ketuntasan ketrampilan proses siswa sebesar 100%, sedangkan persentase ketuntasan belajar ketrampilan psikomotor siswa sebesar 100%. Keterlaksanaan pembelajaran selama proses pembelajaran dapat terlaksana dengan sangat baik. Nilai-nilai karakter yang dilatihkan pada siswa perlu ditingkatkan dengan cara diterapkan disetiap pembelajaran dikelas, nilai-nilai karakter yang ada pada penelitian ini dapat ditambahkan nilai-nilai karakter lain yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja, dan dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diharapkan memberi penghargaan yang menarik perhatian siswa agar siswa termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

Kata-kata kunci: pendidikan karakter, model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Abstract

The purpose of this research are to get a proper learning equipment, to train the character values for satisfying the job requirements such as responsible, cooperation, honest, dicipline, respect, and not easily desperate, to know the students learning completeness that includes knowledge and skill, and to know learning completeness on basic electronics subject.

This research is done in two phases, the first phase is the development of learning equipment of character education-oriented by implementing cooperative learning model type STAD on basic electronics engineering subjects refers to instructional development cycle, and the second phase is testing learning equipments on 27 students of class X 27 TAV SMK Negeri 1 Madiun. The design of the test is using a one-group pretes-posttest design.

The result of this research are learning equipment which is developed of character education-oriented by implementing cooperative learning model type of STAD which consists of syllabus, lesson plan, student worksheets include key worksheets and assessment sheet include well categorized key of assessment sheet. Character values of students such as responsible, cooperation, honest, dicipline, respect, and not easily desperate get a good competence in value. The percentage of students learning completeness of knowledge is 85,19%, the pecentage of students completeness of skill is 100%, while the percentage of students learning completeness of phychomotor skill is 100%. The learning feasibility during learning process can be done very well. The character values that are trained to students need to be increased by applying in the class, the charater values in this research can be added by other character values that appropriates with job requirement, and in learning by applying cooperative model type of STAD is expected to give an interesting reward in order that students are motivated in learning activity.

 

Keywords: character education, cooperative learning model type of STAD.

Author Biographies

Muh Thony Fatkhurrochman, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Fatkhurrochman, M., & Sumbawati, M. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 MADIUN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 13