PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA KULIAH FISIKA 1 UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA

  • Elfira Taufida Pelupessy Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Rr. Hapsari Peni Agustin T Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran dengan menggunakan media e-learning pada mata kuliah Fisika I di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Lebih lanjut, tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang kualitas media pembelajaran berbasis e-learning yang diterapkan pada mata kuliah Fisika I,  efektifitas media pembelajaran berbasis e-learning yang diterapkan pada mata kuliah Fisika I, dan respon mahasiswa terhadap media pembelajaran e-learning. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa produk media pembelajaran dalam bentuk website media pembelajaran Fisika I di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Pokok bahasan yang dikaji dalam media pembelajaran adalah medan magnet, hukum ampere, hukum Faraday, dan sifat  magnet bahan.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Dalam metode R&D memiliki sepuluh langkah dalam penelitian dan pengembangan. Namun, dalam penelitian ini, metode R&D dimodifikasi menjadi lima langkah penelitian dan pengembangan, yaitu tahap analisis kebutuhan dengan studi pendahuluan, tahap mengembangkan produk awal, tahap validasi ahli dan revisi, tahap uji coba produk kepada mahasiswa S1, dan tahap perbaikan produk akhir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning pada mata kuliah Fisika I dinyatakan berkualitas baik dengan persentase validasi oleh ahli media sebesar 89.5% sehingga media dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Fisika I. Untuk tingkat efektifitas belajar dengan menggunakan media, persentase hasil rating ahli materi diperoleh sebesar 86%, sehingga media pembelajaran sangat efektif digunakan dalam pembelajaran Fisika I. Sedangkan untuk respon mahasiswa terhadap media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 90.6% menunjukkan tanggapan positif atau sangat baik, sehingga media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran Fisika I.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, e-learning, kualitas, dan efektifitas..

 

Abstract

This research is aimed to develop the learning media by using the media of e-learning in the Physics I subjects in Department of Electrical Engineering, State University of Surabaya. Furthermore, the purpose of this research was to obtain a description of the quality of learning media based e-learning are applied to the course Physics I, the effectiveness of media-based learning e-learning are applied to the course Physics I, and the student response against e-learning media. The result of this research and development is a product of Physic’s instructional media website in Department of Electrical Engineering, State University of Surabaya. Subjects were studied in the learning media is the magnetic field, the ampere’s law, Faraday’s law, and the nature of magnetic’s material.

The method used in this research is the Research and Development (R & D). In the R&D method has ten steps in research and development. However, in this research, the method of R&D are modified by researchers into five steps of research and development, namely the requirement analysis phase with a preliminary study, the development of early products phase, the validation and revision of experts phase, the test products to undergraduate students phase, and the improvement of the final product phase.

The results showed that the media of e-learning in the Physics 1 was stated percentage of good quality by experts validation to 89.5% of the media so that the media was declared unfit for use as a medium of learning Physics 1 subjects. To study the effectiveness of using the medium, the percentage of results obtained matter expert rating is 86%, so it is very effective instructional media used in teaching Physics I. As for the response of students to instructional media are obtained a percentage of 90.6%, It showed a positive response or very good, so the media learning can be used in teaching Physics I.

 

Keywords: instructional media, e-learning, quality, and effectiveness.


Author Biographies

Elfira Taufida Pelupessy, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Rr. Hapsari Peni Agustin T, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Pelupessy, E., & Agustin T, R. H. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA KULIAH FISIKA 1 UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 90