PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Mucammad Fachruddin Arrozi Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa menggunakan pendekatan CTL model inquiry. Sasaran penelitian yaitu kelas XI AV di SMKN 2 Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “The Pretest – posttest Equivalent Groups”.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu menunjukkan proses pembelajaran sebelum dilakukan pembelajaran kemudian memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL model inquiry model inquiry, dan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan LKS. Hasil validasi yang dilakukan oleh pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan dinyatakan valid. Dari hasil angket respon siswa pendekatan CTL model Inquiry mempunyai hasil rating sebesar 70.5% dikategorikan baik sedangkan dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebagian besar nilai siswa dapat dicapai dengan baik. Diketahui bahwa t-test sebesar 2,660 dan t-tabel sebesar 2,000. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL model inquiry mempunyai hasil belajar siswa yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata Kunci : Pendekatan CTL Model Inquiry, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

This study aims to determine the learning outcomes and student response using a the approach of ctl a model inquiry. Objective studies of class XI AV SMKN 2 Surabaya academic year 2012/2013. The study design used was “The Pretest – posttest Equivalent Groups”.

Methods of data collection in this study were obtained through, the questionnaire responses of students, and student learning outcomes are descriptively analyzed quantitatively expressed as a percentage. The first treatment that is introduced prior to learning the learning device then delivers the learning process by using the approach of ctl a model inquiry,  and last held post-test to determine student learning outcomes.

The learning resulting is a silabus, lesson plans and student worksheets. The results of the validation performed by experts showed that the learning device used is valid. From the results of the questionnqire responses of student learning the approach of ctl a model inquiry has a rating of 70.5%  results are categorized either while the student learning outcomes indicate that most value can be achieved with good student. It is known that the t-test of 2,660 and t-table of 2,000. Based on these result,  it can be concluded the approach of ctl a model inquiry student  learning own outcomes better than a class that  uses direct learning model.

Keywords: the approach of ctl a model inquiry, Student Learning Outcomes.

 

Author Biographies

Mucammad Fachruddin Arrozi, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Arrozi, M., & ., E. (2014). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 11