Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran langsung Pada Standar Kompetensi Memperbaiki radio penerima Kelas X di SMK Negeri 5 Surabaya

  • Yani Suhartono . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memperbaiki radio penerima kelas X di SMK Negeri 5 Surabaya. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif. Output penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif yaitu : RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKS (Lembar Kerja Siswa), LP (Lembar Penilaian) dan Modul.

Metode yang digunakan pada jenis penelitian ini merupakan penelitian experiment yang terdiri dari satu kelas kontrol yaitu kelas X TAV 1 dan satu kelas eksperimen yaitu kelas X TAV 2. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak (random). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji-t satu pihak.

Hasil rating validasi perangkat pembelajaran sebesar 81,5% yang berarti perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini layak untuk digunakan. Hasil belajar pre-test kontrol (X TAV 1) sebesar 49.86 dan kelas eksperimen (X TAV 2) sebesar 50.6 dan  post-test kelas kontrol (X TAV 1) sebesar 65.83 dan kelas eksperimen (X TAV 2) sebesar 75.13. Ini berarti pencapaian nilai test pada kelas experimen lebih besar. Hasil belajar siswa tersebut diperoleh ttest sebesar 8,529. Kesimpulannya bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif  lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Pembelajaran langsung, hasil belajar

Abstract

The purpose of this study is to produce a learning device by using cooperative learning model to improve student learning outcomes in competency standard radio receiver repair class X in SMK Negeri 5 Surabaya. In addition, this study to determine differences in student learning outcomes using direct instruction and cooperative learning. The output of this research is the product of learning with cooperative learning model are: RPP (lesson plan), LKS (Student Worksheet), LP (Sheet Assessment) and Module.

The method used in this type of research is a research experiment consisting of a control class that is a class X TAV 1 and the experimental class is a class X TAV 2. Determination of experimental class and control class was randomly (random). Data collection techniques used in this study include testing and validation sheet. Analysis using two similarity test mean that one party t-test.

The results of the validation study rating of 81.5% which means that the learning device used in this study deserves to be used. The results of pre-test learning control (X TAV 1) at 49.86 and the experimental class (X TAV 2) of 50.6 and a post-test control class (X TAV 1) at 65.83 and the experimental class (TAV X 2) at 75.13. This means that the achievement test scores in the experimental classes larger. Student learning outcomes were obtained at 8.529 t-test. The conclusion that the learning outcomes of students using cooperative learning is better than learning outcomes of students using direct instruction.

Keywords: cooperative learning, direct learning, learning outcomes

Author Biographies

Yani Suhartono ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., Y., & Sumbawati, M. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran langsung Pada Standar Kompetensi Memperbaiki radio penerima Kelas X di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 219