PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

  • Aris Dian Mustofa Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Gruop Investigation dengan siswa yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD pada mata diklat dasar-dasar teknik digital.

Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan rancangan “Posttest-Only Control Design”.Desain ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol.Pada dua kelas ini hanya diberikan post-test untuk mengetahui hasil belajar setelah diberikan perlakuan.Analisis hasil belajar, peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis nilai posttest dengan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. (2) Berdasarkan analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 8,351 > ttabel = 1,67 (α = 0,05) dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 84,58 dan kelas kontrol 76,87 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Gruop Investigation lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) Respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata 87,61 % dan termasuk kriteria respon sangat baik.

Kata kunci    : Pembelajaran kooperatif tipe Gruop Investigation, pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa dan respon siswa.

Abstract

This study aims to determine differences of student learning outcomes after the implementation of the cooperative group investigation with the student using cooperative STAD on the basis of competency standards applying digital techniques.

The study method used Pre-Experimental with  Posttest - Only Control. These designs are experimental class and control class . These two classes are only given a post-test to determine learning after a given treatment . Analysis of learning outcomes, researchers used t-test to determine the student learning outcomes.

The results were : ( 1 ) Based on the results of the  scores analysis posttest with a test for normality an homogeneity obtained that two classes are normally distributed and homogeneously. ( 2 ) Based on the analysis of the fastest with a t-test of analysis obtained thitung = 8,351 > ttabel = 1,67 (α = 0,05) with the average value of posttest experimental class is 84.58 and control class is 76.87 indicates that is student learning outcomes  that uses cooperative group investigation is better than the student cooperative STAD. ( 3 ) Students’ responses to the application of problem based learning as a whole is positive with an average of 87.61 % and includes a very good response criteria.

Keyword    : Cooperative Group Investigation, Cooperative STAD , student learning outcomes and student response

 

Author Biographies

Aris Dian Mustofa, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Mustofa, A., & Asto B, I. G. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 9