PENGARUH CARA MENGAJAR INTERAKTIF DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN VOCATIONAL SKILL PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR BESARAN – BESARAN LISTRIK DALAM RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS X TEI DI SMKN 3 JOMBANG

  • Kartika Tresya Mauriraya Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui pengaruh metode pembelajaran discovery learning terhadap vocational skill pada standar kompetensi mengukur besaran – besaran listrik dalam rangkaian elektronika, (2) mengetahui peningkatan tes hasil evaluasi anatara siswa yang memiliki kecakapan kejuruan tinggi dengan siswa yang memiliki kecakapan kejuruan rendah, (3) mengetahui adanya interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dengan vocational skill siswa pada standar kompetensi mengukur besaran – besaran listrik dalam rangkaian elektronika.

Dengan digunakannya metode pembelajaran discovery learning siswa dapat aktif secara langsung dalam proses belajar mengajar sehingga dapat membagun pengetahuannya sendiri berdasarkan permasalahan yang dihadapi serta dapat meningkatkan vocational skill siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah  quasi experimental design dengan rancangan “Static Group Comparison”. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu anava factorial 2x2.

Dari hasil penelitian diperoleh data : (1) Tes hasil evaluasi siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran discovery learning lebih tinggi daripada tes hasil evaluasi siswa yang diajar menggunakan metode ceramah dengan nilai uji-F= 4,841 dan P-value =0,035 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 𝜶=0,05; (2) tes hasil evaluasi siswa yang memiliki kecakapan kejuruan (vocational skill) tinggi lebih baik daripada  tes hasil evaluasi siswa yang memiliki kecakapan kejuruan (vocational skill) rendah dengan nilai uji F =4,365 dan P-value =0,045 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 𝜶=0,05; (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kecakapan kejuruan (vocational skill) siswa, dengan nilai uji F =7,138 dan P-value =0,012 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 𝜶=0,05.

Kata kunci : Motode discovery learning, Metode pembelajaran ceramah, tes hasil evaluasi

Abstract

The Purpose of this research is to determine, (1) the effect of discovery learning method for improvement of  vocational skills in competence standard to measuring magnitude electricity of electronic circuit, (2) determine the test results of the evaluation group should increase in students who have high vocational skills with students who have vocational skills low, (3) determine the interaction between learning method used by students in vocational skill competency standards to measuring magnitude electricity of electronic circuit.

With discovery learning methods used be active students directly in the learning process so as to build their own knowledge based on the problems faced and to improve vocational skills. The research method used Quasi-Experimental Design, with design "Static Group Comparison". The data analysis technique used in this study is Anova factorial method  2 x 2.

The results were obtained the data: (1) evaluation of test results of students who are taught using discovery learning method of learning is higher than the test results of the evaluation of students who are taught using lecture method with the value of F-test = 4.841 and P-value = 0.035 which is smaller than the level significance of α = 0.05; (2) evaluation of the test results of students who have vocational skills better than the high evaluation of the test results of students who have vocational skills with low test value F = 4.365 and P-value = 0.045 which is smaller than the significance level α = 0.05; (3) There is an interaction between learning method and vocational skills students, with the value of F test = 7.138 and P-value = 0.012 which is smaller than the significance level α = 0.05.

Keyword : Method of discovery learnig, Learning Method Lecture, test evaluation

Author Biographies

Kartika Tresya Mauriraya, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Mauriraya, K., & Asto B, I. G. (2014). PENGARUH CARA MENGAJAR INTERAKTIF DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN VOCATIONAL SKILL PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR BESARAN – BESARAN LISTRIK DALAM RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS X TEI DI SMKN 3 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 63