PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEI 1 DI SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO

  • Saputra Indra Purnama Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang layak. Media pembelajaran interaktif ini sebagai pendamping untuk memehami pokok bahasan menerapkan sistem konversi bilangan pada rangkaian logika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model R&D yakni Research and Development. Penelitian ini, terdapat 8 tahapan yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan yang terakhir analisa dan pelaporan.

Proses mengumpulkan data, digunakan lembar validasi untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Setelah itu, untuk mengetahui ketertarikan siswa dilakukan pemberian angket dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan.

Hasil yang diperoleh dari validasi mengenai pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan software articulate storyline pada mata pelajaran teknik elektronika dasar kelas X TEI 1 di SMK Negeri 2 Probolinggo mendapatkan hasil rating sebesar 87%. Sedangkan hasil dari respon siswa mendapatkan rating sebesar 88%. Sehingga, media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk proses belajar mengajar pada mata pelajaran teknik elektronika dasar kelas X TEI 1 di SMK Negeri 2 Probolinggo.

Kata kunci: Media pembelajaran interaktif Articulate Storyline, pengembangan R&D, sistem konversi bilangan pada rangkaian logika

Abstract

This research aims to create a viable interactive learning media. This interactive learning Media as an escort to understand the subject of the conversion system of applying the number on logic circuit. This research is the kind of the research development using models  R&D which is Research and Development,

In collecting the data, is used to determine the eligibility validation sheets of developed interactive learning media. After that, to know the interest of the students is done now with the purpose of granting sheet knowing the student response to the interactive learning media are developed. This research, there are 8 stages: analysis of the problem, data collection, product design, product design validation, design revisions, product testing, product revision, and the final analysis and reporting.

The result of the validation of interactive learning media development using articulate software storyline on basic electronics engineering subject class X 1 at SMK Negeri TEI 2 Probolinggo get the rate of 87%. While the results of student response to get a rate of 88%. So, the media stated that developed interactive learning and can be used for teaching and learning in the subjects basic electronics engineering class X 1 in SMK Negeri TEI 2 Probolinggo.

Keywords: Interactive Learning Media Articulate Storyline, the development of R&D, system of logic circuits on number conversion.

 

Author Biographies

Saputra Indra Purnama, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Purnama, S., & Asto B, I. G. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEI 1 DI SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 301
PDF Downloads: 607