PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Luqman Kharis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick; (2) Untuk mengetahui respon siswa pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Jenis penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design (One Group Pre-test-Posttest Design) dimana akan diberikan tes awal sebelum diberikan treatment dan akan diberikan tes akhir setelah diberikan treatment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari perhitungan menggunakan SPSS analisis uji-t dengan taraf signifikasi  diperoleh nilai  sebesar 19,569 sedangkan nilai  sebesar 1,70 dan dilihat dari nilai pretest diperoleh rata-rata 51,33 dan nilai posttest diperoleh rata-rata 78,01. Jadi karena  > 12ttabel">  maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. (2) respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe talking stick diperoleh hasil sebesar 84,7% dengan responden yang berjumlah  31 siswa yang berarti menunjukkan respon siswa terhadap model pembelajaran ini baik.

Kata kunci :  Model pembelajaran, Model pembelajaran kooperatif, Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, Hasil belajar.

 

Abstract

The purpose of this study is to: (1) To determine the improvement of student learning outcomes using cooperative learning model talking stick (2) To study the response of the students  using cooperative learning model talking stick.

This research uses a Pre-Experimental,this research method uses pre experiment (one group pretest-posttest design) it will be given pretest before being givent reatment and it will be given posttest after being givent reatment

The results showed: (1) From calculations using SPSS t-test analysis with a 𝜶 = 0,05 significance level, obtained a tcount value of 19.569, while a ttable value of 1.70 and seen from the pretest values ​​obtained by the average 51.33 and posttest values ​​obtained average 78.01. So because tcount > ttable there is an increase in student learning outcomes after using cooperative learning model talking stick. (2) students' response to cooperative learning model talking stick results obtained 84.7% with 31 students and showed a good response to this learning model.

Keyword : Learning Model, Cooperative Learning Model Type Talking Stick, Learning Outcomes.


Author Biographies

Luqman Kharis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., L., & ., L. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 22