PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick; (2) Untuk mengetahui respon siswa pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
Jenis penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design (One Group Pre-test-Posttest Design) dimana akan diberikan tes awal sebelum diberikan treatment dan akan diberikan tes akhir setelah diberikan treatment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari perhitungan menggunakan SPSS analisis uji-t dengan taraf signifikasi diperoleh nilai sebesar 19,569 sedangkan nilai sebesar 1,70 dan dilihat dari nilai pretest diperoleh rata-rata 51,33 dan nilai posttest diperoleh rata-rata 78,01. Jadi karena > 12ttabel"> maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. (2) respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe talking stick diperoleh hasil sebesar 84,7% dengan responden yang berjumlah 31 siswa yang berarti menunjukkan respon siswa terhadap model pembelajaran ini baik.
Kata kunci : Model pembelajaran, Model pembelajaran kooperatif, Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, Hasil belajar.
Abstract
The purpose of this study is to: (1) To determine the improvement of student learning outcomes using cooperative learning model talking stick (2) To study the response of the students using cooperative learning model talking stick.
This research uses a Pre-Experimental,this research method uses pre experiment (one group pretest-posttest design) it will be given pretest before being givent reatment and it will be given posttest after being givent reatment
The results showed: (1) From calculations using SPSS t-test analysis with a 𝜶 = 0,05 significance level, obtained a tcount value of 19.569, while a ttable value of 1.70 and seen from the pretest values obtained by the average 51.33 and posttest values obtained average 78.01. So because tcount > ttable there is an increase in student learning outcomes after using cooperative learning model talking stick. (2) students' response to cooperative learning model talking stick results obtained 84.7% with 31 students and showed a good response to this learning model.
Keyword : Learning Model, Cooperative Learning Model Type Talking Stick, Learning Outcomes.
PDF Downloads: 22