PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE ELECTRONICS WORKBENCH (EWB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM RANGKAIAN FLIP-FLOP KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • Ayu Suraya . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan media pembelajaran software Electronics WorkBench (EWB) terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam rangkaian flip-flop kelas X TAV di SMK Negeri 1 Madiun. Penelitian yang dilakukan dengan metode Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest ini bertujuan untuk mengetahui akibat dari suatu perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Madiun. Sampel yang diambil terdiri dari satu kelas yakni siswa kelas X TAV-2 sebanyak 29 orang. Validasi instrumen penelitian ini adalah melalui pendapat para ahli kemudian diuji cobakan kepada siswa kelas X TAV-3 SMKN 1 Madiun yang telah menerima pembelajaran tentang rangkaian flip-flop. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil peneltian adalah dengan uji-test melalui perhitungan statistik.

Hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan menunjukkan hasil yang lebih baik, hal ini dilihat pada nilai rata-rata pre-test 52,75 dan post-test 80. Selisih peningkatannya adalah 27,25. Hasil dari uji-t menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan harga t hitung sebesar 2,67 yang dikonsultasikan pada t tabel 1,70.

Dengan demikian, hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan media pembelajaran software Electronics WorkBench menunjukkan hasil yang baik. Nilai hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (post-test) lebih baik daripada sebelum diberi perlakuan (pre-test). Dengan rata-rata hasil belajar sebesar 80 dan diperoleh thitung = 2,67>ttabel = 1,70.

Kata Kunci: media pembelajaran, model pembelajaran langsung, hasil belajar siswa.

Abstract

This study aimed to know the influence effect of media use electronics workbench against the student learning outcomes on basic competencies apply various of circuits flip-flop at class X TAV SMKN 1 Madiun. Research carried out by the method of Pre-Experimental and One-Group Pretest-Posttest design aims to determine the effect of a treatment. This study population is all student of class X SMK Negeri 1 Madiun. Sample taken from consusts of one class that is class X TAV-2 much as 29 student. Validation of research instruments is through expert opinion then tested to the students of class X TAV-3 SMKN 1 Madiun who had received learning about circuit flip-flop. The data analysis technique used to analyze the research data is test-to test through statistical calculations.

Student learning outcomes after treated showed better results, it is seen in the average value of pre-test 52,75 and post-test 80. The difference in improvement was 27,25. The results of the t-test showed an increase in learning outcomes at a price of t arithmetic 2,67 were not consulted on the t table 1,70.

Thus, student learning outcomes after treated with media of learning software Electronics WorkBench showed better results. Value learning outcomes after treated (post-test) better than before treated (pre-test). With an average learning outcomes is 80 and obtained tarithmetic = 2,67>ttable = 1,70.

Key words: media of learning, direct instruction learning, student learning outcomes

Author Biography

Ayu Suraya ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., A. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE ELECTRONICS WORKBENCH (EWB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM RANGKAIAN FLIP-FLOP KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 MADIUN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 220