PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT MENGGUNAKAN MULTISIM10 SIMULATIONS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Choirun Nisa' . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Yudha Anggana Agung Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran MEMULS (Media Pembelajaran Multisim10 Simulations) yang layak digunakan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Sasaran penelitian yaitu kelas X TAV-1 di SMK Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2013/2014.

Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D model (Four D Model) oleh Thiagarajan, dkk (1975) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu; (1)  pendefinisian; (2) perancangan; (3) pengembangan; dan (4) penyebaran. Pada penelitian ini hanya sampai pada penelitian pengembangan karena penelitian ini hanya menghasilkan produk berupa media simulasi Multisim10 Simulations berbasis ICT pada mata pelajaran teknik elektronika dasar.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran berbasis ICT menggunakan MEMULS (Media Pembelajaran Multisim10 Simulations). Validasi media dilaksanakan untuk menghasilkan produk media pembelajaran simulasi yang layak digunakan. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran simulasi layak digunakan dengan hasil rating 88,66%. Dan respon siswa terhadap media pembelajaran simulasi dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 88,38%.

Kata Kunci: Media pembelajaran Simulasi, Kelayakan media, Hasil respon siswa.

Abstract

This study aims to produce a product in the form of instructional media MEMULS (Learning Media Multisim10 Simulations) and a decent used to determine students' responses to the learning media. Target research is classes of X TAV-1 at SMK Negeri Surabaya 7 academic year 2013/2014.

The method used in this study using a 4D model of development (Four-D Models) by Thiagarajan, et al (1975) which consists of four stage, namely; (1) definition; (2) design; (3) development; and (4) dissemination. In this study only to the development of research because this study only the products with simulated media Multisim10 Simulations ICT based on basic electronics engineering subjects.

The results obtained are ICT-based instructional media using MEMULS (Learning Media Multisim10 Simulations). Validate media implemented to produce a decent simulation learning media used. Results showed that media validation of simulation learning media fit for use with 88.66% rating result. And the students' response to instructional media expressed very well with the simulation results of 88.38% rating.

Keywords: Simulation learning media, Media eligibility, Results of student response.

Author Biographies

Choirun Nisa' ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Yudha Anggana Agung, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., C., & Agung, Y. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT MENGGUNAKAN MULTISIM10 SIMULATIONS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 280
PDF Downloads: 565