PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN REVEAL.JS PRESENTATIONS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Nia Kurniasari . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Yudha Anggana Agung Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMK Negeri 7 Surabaya. Media pembelajaran berbasis web menggunakan RJP (Reveal.Js Presentations) dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi guru dan siswa. Dengan adanya media pembelajaran berbasis web menggunakan RJP (Reveal.Js Presentations) siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat mengakses media pembelajaran berbasis web dimana saja selain di sekolah.

Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah desain pengembangan 4-D (Four D-Model) tetapi dalam penelitian ini tidak semua langkah digunakan, disesuaikan dengan tujuan dari penelitian pengembangan. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran RJP (Reveal.Js Presentations) dilakukan tiga tahapan, yaitu pembuatan (1) media RJP (Reveal.Js Presentations) (2) validasi oleh 6 validator dan (3) respon siswa terhadap media RJP (Reveal.Js Presentations).

Dari hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran berbasis web menggunakan RJP (Reveal.Js Presentations). Hasil rating validasi media RJP (Reveal.Js Presentations) adalah sebesar 83,33% atau dalam kategori sangat baik, dengan perincian pada hasil materi mendapatkan rating sebesar 85,83%, ilustrasi media sebesar 87,73%, dan bahasa sebesar 80,55%. Sedangkan pada hasil respon siswa media RJP (Reveal.Js Presentations) mendapatkan hasil rating sebesar 80,98% atau juga dikategorikan sangat baik, dengan perincian pada hasil ilustrasi media sebesar 81,64%, dan manfaat untuk siswa sebesar 79,69%.

Kata Kunci : kelayakan media RJP (Reveal.Js Presentations), hasil validasi, dan respon siswa terhadap media RJP (Reveal.Js Presentations).

Abstract

The study was conducted with the aim of developing a web-based instructional media on the basis of electronics engineering subjects at SMK Negeri 7 Surabaya. The media uses web-based learning RJP(Reveal.Js Presentations) created to facilitate teaching and learning activities for teachers and students. With the media uses web-based learning RJP(Reveal.Js Presentations) students are more active in learning activities and can access the web-based instructional media anywhere other than at school.

The method used in this study is Research and Development of the 4 - D ( Four D - model ). However, this study doesn’t use all steps, adapted to the purpose of the research development. To determine the feasibility of RJP (Reveal.Js Presentations)was conducted in three stages who have made,writer performed(1) media RJP (Reveal.Js Presentations) validating by 6 validations and (3) students' response to media RJP(Reveal.Js Presentations).

From the results obtained are web-based instructional media using RJP (Reveal.Js Presentations).The results of the validation media rating RJP (Reveal.Js Presentations) amounted to 83.33%or in the excellent category,with details on the results of material to get a rating of 85.83%, 87.73% of the media illustrations, and the language of 80.55 %.and than studentresponse to media RJP(Reveal.Js Presentations)to get the rating of 80.98%or categorized also very good, with details on the results of the media illustrations by 81.64%, and the benefits to students of 79.69%

Keywords: feasibility media RJP (Reveal.Js Presentations), validation results, and the students' response to media RJP (Reveal.Js Presentations).

Author Biographies

Nia Kurniasari ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Yudha Anggana Agung, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., N., & Agung, Y. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN REVEAL.JS PRESENTATIONS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 53