PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DI SMKN 7 SURABAYA

  • Herdiyanto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Euis Ismayati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan  di SMK Negeri 7 Surabaya, dengan tujuan untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran model pembelajaran berdasarkan masalah memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana yang dikembangkan, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (MPBM) pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana, dan (3) untuk mengetahui respon siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembagan atau  Research and Development (R&D). Pengembangan perangkat pembelajaran diujicobakan kepada siswa X TITL 1 dengan jumlah siswa 34 tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, materi ajar dan tes hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian design one group pretest-posttest.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran instalasi penerangan listrik bangunan sederhana menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah yang di nilai oleh validator dikategorikan sangat baik dengan presentase 88,8%, (2) hasil belajar siswa yang diperoleh ketika dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana, Pendekatan penilaian pembelajaran di SMKN 7 Surabaya yang digunakan merupakan penilaian acuan patokan, hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas X TITL 1 dengan nilai ≥ 80 adalah dapat dilihat bahwa ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 94% dari 31 siswa 29 siswa yang dinyatakan (tuntas) dan siswa yang tidak tuntas sebesar 6% atau dua siswa dinyatakan (belum tuntas), Dengan hasil tersebut kelas dinyatakan tuntas belajar karena hasil yang dicapai lebih dari 80%.  Keefektifan proses pembelajaran berdasarkan hasil sensitivitas sebesar 63,33 % artinya bahwa hasil uji akhir merupakan efek dari pembelajaran. (3) respon siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada standar kompetensi memasanvg instalasi penerangan listrik bangunan sederhana sebesar 91,2% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, hasil belajar, dan  respon

siswa.

 

Abstract

This research was conducted at SMK Negeri 7 Surabaya, with the aim to: (1) to determine the feasibility of the learning model of learning based on problems installing electric lighting installations developed a simple building, (2) describe the learning outcomes of students that learned using problem based learning model (MPBM) the standard of competence to install electric lighting installation simple building, dan (3) to study the response learned with students after learning model based on the problem.

The method used in this study is developing a research or Research and Development (R & D). The development of learning tools to students piloted X TITL 1 by the number of students 34 academic year 2013/2014. While the instruments used is the learning, teaching materials and tests student learning outcomes. The design of this study used a design research design one group pretest-posttest.

The results showed that: (1) learning device building a simple electric lighting installations using problem based learning model in value by validator categorized very well with a percentage of 88.8%, (2) student learning outcomes were obtained when be taught using learning model based on competency standards problems installing electric lighting installation simple building, Approach to assessment of learning in SMK 7 Surabaya used a reference benchmark ratings, the results showed that the average value of class X student learning outcomes TITL 1 with a value of ≥ 80 is can be seen that the classical mastery learning students by 94% of the 31 students 29 students stated (complete) and students who did not complete at 6% or two students stated (not yet completed), with these results declared class thoroughly studied because of the results achieved over 80%. The effectiveness of the learning process based on the results of a sensitivity of 6,33% means that the final assay results is the effect of learning. (3) response learned with students after learning model based on competency standards issues memasanvg building simple electric lighting installations at 91.2% with a very good category.

Keywords: learning device models problem-based instruction, learning outcomes, and student responses.

Author Biographies

Herdiyanto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Euis Ismayati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., H., & ., E. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 28