PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ENTREPRENEUR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMKN 1 SIDOARJO

  • Muhammad Syafi’ ul Umam Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Meini Sondang S. Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak, melatihkan nilai-nilai karakter entrepreneur serta mengetahui ketuntasan belajar siswa yang meliputi pengetahuan dan ketrampilan, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran mata pelajaran teknik elektronika dasar.

Penelitian ini dilakukan melalui pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model problem-based instruction dan pembentukan karakter entrepreneur pada mata pelajaran teknik elektronika dasar dengan mengacu model pengembangan model instructional development cycle, selanjutnya menguji cobakan perangkat pembelajaran pada 32 siswa Kelas X TAV  SMK Negeri 1 Sidoarjo. Rancangan dalam uji coba menggunakan one-group pretest-postest design.

Temuan hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran dengan menggunakan model problem-based instruction dan pembentukan karakter entrepreneur yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dilengkapi Kunci LKS, dan Lembar Penilaian (LP) dilengkapi dengan Kunci LP dikategorikan baik. Nilai-nilai karakter entrepreneur siswa diantaranya mandiri, jujur, tidak kreatif, inovatif, komunikatif, dan tanggung jawab memperoleh nilai kompetensi baik. Persentase ketuntasan belajar pengetahuan siswa sebesar 87,5%, persentase ketuntasan ketrampilan proses siswa sebesar 100%, sedangkan persentase ketuntasan belajar ketrampilan psikomotor siswa sebesar 100%. Respon siswa sangat tertarik dan senang dalam pembelajaran.

Kata-kata kunci: model problem-based instruction, pembentukan karakter entrepreneur.

Abstract

The purpose of this research are to get a proper learning equipment, to train the entrepreneur character and to know the students learning completeness that includes knowledge and skill, and to know learning completeness on basic electronics subject.

This research is done the development using a model of learning problem-based instruction and character building entrepreneurs on basic electronics engineering subjects refers to development model of instructional development cycle, and the testing learning equipments on 32 students of class X  TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo. The design of the test is using a one-group pretes-posttest design.

The result of this research are learning equipment study using a model of problem-based instruction and building character entrepreneurs which consists of syllabus, lesson plan, student worksheets include key worksheets and assessment sheet include well categorized key of assessment sheet. Character values of students such as independent, honest, creative, innovative, communicative, and respect get a good competence in value. The percentage of students learning completeness of knowledge is 87,5%, the pecentage of students completeness of skill is 100%, while the percentage of students learning completeness of phychomotor skill is 100%. Student response was very interested and excited in learning.

Keywords: model of problem-based instruction, building character entrepreneurs.

Author Biographies

Muhammad Syafi’ ul Umam, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Meini Sondang S., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Umam, M., & S., M. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ENTREPRENEUR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMKN 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 34