PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BEPRESTASI PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK

  • Agus Tri Cahyono Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • . . Joko Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), (2) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah, dan (3) mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan desain faktorial 2x2. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X ITL-1 sebagai kelas eksperimen dan X ITL-2 sebagai kelas kontrol SMKN 7 Surabaya. Kemudian untuk menganalisis digunakan teknik analisis data anava, dan dilanjutkan dengan uji post hoc. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa (kognitif dan psikomotor) yang menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik secara signifikan dibandingkan model pembelajaran langsung, dan nilai P-value uji anava utuk hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,002 dan 0,000; (2) hasil belajar siswa yang memliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung, namun yang berbeda signifikan hanya hasil belajar kognitif saja, sedangkan untuk psikomotor tidak berbeda secara signifikan. Nilai P-value uji anava utuk hasil belajar kognitif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,000 dan 0,252; (3) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar siswa (kognitif, afektif, dan psikomotor). Nilai P-value uji anava utuk hasil belajar kognitif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,024, dan 0,004.

Kata Kunci: model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif, team assisted individualization, motivasi berprestasi, hasil belajar

Abstract

This research aims: (1) to determine the difference of student learning result which learned by direct instruction model and Team Assisted Individualization (TAI) of cooperative learning model; (2) to determine the difference of student learning result who have high and low achievement motivation; (3) to determine the interaction between the learning and achievement motivation on student learning results.   The research method used Quasi Experimental Design with design  factorial design 2x2. The subjects in this research is students in class X TIPITL-1 as an experimental class and TIPITL-2 as a control class in SMKN 7 Surabaya. Then to analyze the use of data analysis techniques anova, followed by post hoc test. The requirements test have been tried which are normality and homogeneity test, the result are the normal data and homogeneous. Hypotheses were analyzed with SPSS 16.0 for Windows at significant level of 0,05. The results showed that: (1) student learning result (cognitive and psychomotor) that used Team Assisted Individualization of cooperative learning model significantly better than direct instructional model, and the P-value test anava weeks to learn the results of the cognitive and psychomotor respectively of 0,002, and 0,000; (2) students learning result who have high achievement motivation are better than direct instructional model, but which differ significantly only cognitive learning result, whereas for psychomotor learning result did not differ significantly. Value of P-value on anava test weeks to learn the results of the cognitive, and psychomotor respectively of 0,000 and 0,252; (3) there is a significant interaction between learning model and studen achievement motivation on student learning outcomes (cognitive and psychomotor). Value of P-value on anava test weeks to learn the results of the cognitive, affective, and psychomotor, respectively for 0,024, and 0,004.

Keywords: direct instruction model, cooperative learning model, team assisted individualization, achievement motivation, and learning result

Author Biographies

Agus Tri Cahyono, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
. . Joko, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Cahyono, A., & Joko, . (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BEPRESTASI PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 589