PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN PENGENDALI PLC DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • . Puguh Waluyo Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Sebuah model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran. Seorang pengajar harus memiliki metode yang tepat untuk disampaikan kepada siswanya agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengoperasikan pengendali PLC di SMK Negeri 1 Madiun.

Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan metode Quasi-Experimental dengan before-after nonequivalent groups design. Sampel penelitian yang digunakan adalah dari SMK Negeri 1 Madiun kelas XI TITL 1 sebanyak 33 siswa dan XI TITL 2 adalah 32 siswa dari populasi kelas XI SMK N 1 Madiun. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan uji-t.

Hasil belajar menunjukan kelas eksperimen dengan perlakuan PjBL memperoleh nilai rata-rata nilai awal 57.12 dan nilai 80.15 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai awal 61.875 dan nilai akhir 71.25. Perbandingan selisih sebesar 23.3 untuk kelas eksperimen dan 9.375 untuk kelas kontrol. Angka tersebut menunjukkan peningkatan yang sangat tinggi.

Hasil dari uji-t menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan harga thitung sebesar 5.015 yang dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf signifikansi (α) 0.05 = 1.67. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan Project Based Learning lebih tinggi daripada dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Pembelajaran PLC, Project Based Learning, hasil belajar siswa.

Abstract

A learning model is one factor that can determine the success or failure of a lesson. A teacher should have the proper methods to be delivered to students so that learning activities in accordance with the desired goal. One of the efforts to achieve this goal is to use the model of Project Based Learning. This study aims to determine the influence of Project Based Learning model of teaching to student learning outcomes in basic competencies PLC controllers operate at SMK Negeri 1 Madiun.

The research method is the Quasi-Experimental method using the before-after nonequivalent groups design. The samples used in this study are from SMK Negeri 1 TITL 1 Madiun class XI and XI as many as 33 students TITL 2 is 32 students of class XI population SMK N 1 Madiun. Data analysis technique used to determine differences in learning outcomes is by using t-test.

The results of the study showed treatment PPA experimental class scored an average initial value of 57.12 and 80.15, while the value of the control values obtained at the beginning of class 61 875 and the final value of 71.25. Comparison of the difference of 23.3 for the experimental class to class and 9,375 controls. The figure shows a very good improvement.

Results of t-test showed an increase in learning outcomes at 5,015 on ttable consulted with a significance level (α) 0.05 = 1.67. Thus the learning outcomes by using Project Based Learning is better than using the conventional learning models.

Keywords: Learning PLC, Project Based Learning, student learning outcomes.

Author Biography

. Puguh Waluyo, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Waluyo, . (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN PENGENDALI PLC DI SMK NEGERI 1 MADIUN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 461