RANCANG BANGUN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Indra Hadi Pranata Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Muhamad Syariffudin Z Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan model penelitian dan pengembangan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk standart kopetansi dasar pemprograman peralatan sistim pengendali elektronik berkaitan akses I/O berbantuan mikroprosesor atau mikrokontroler. Dengan media pembelajaran ini diharapkan siswa mampu dan paham tentang rangkaian dasar mikroprosesor atau mikrokontroler serta dapat memprogramnya.

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengacu pada Research and Development (R&D). didalam penelitian ini penelitian ini hanya menggunakan enam tahapan serta pada tahapan terakhir menggunakan tahap analisis data dan pelaporan, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, analisis data dan pelaporan.

Hasil penelitian untuk post test menunjukkan kemajuan belajar siswa SMK Negeri 3 Surabaya X TAV 2 setelah diberikan perangakat pembelajaran sebesar 73.18%. Hasil validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran serta rancang bangun ini mendapatkan penilaian baik. Penilaian Validator pada aspek Struktur Modul dinyatakan  sangat valid dengan rating 93.75%. Penilaian Validator pada aspek Penulisan Materi Modul dinyatakan  valid dengan rating 79.69%. Penilaian Validator pada aspek Bahasa Modul dinyatakan  sangat valid dengan rating 93.75%. Penilaian Validator pada aspek Rancang Bangun dinyatakan  sangat valid dengan rating 90.63%.

Kata Kunci : Rancang Bangun, R&D, Modul Pembelajaran

 

Abstract

This research is the development of instructional media research and development model. The research aims to develop a learning media for programming a basic competency standard electronic control system equipment related to access I / O-assisted microprocessor or microcontroller. With the media is expected of students capable of learning and understanding about basic circuit microprocessor or microcontroller and can be programmed.

This research was referring to the Research and Development (R & D). The research in this study only uses six stages and the last stage using the stage of data analysis and reporting, which analyzes the potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, product testing, data analysis and reporting.

The results of the research to post-test show students' progress SMK Negeri 3 Surabaya X given the TAV 2 after learning of 73.18%. The results showed that the validator learning and assessment design is getting better. Assessment Module Structure Validator on aspects of an otherwise very valid with a rating of 93.75%. Assessment on aspects Validator Module Content Writing is valid with a rating of 79.69%. Assessment Module Validator on aspects of language expressed very valid with a rating of 93.75%. Assessment Design Build Validator on aspects of an otherwise very valid with a rating of 90.63%..

Keywords: Construction Design, R & D, Learning Module

Author Biographies

Indra Hadi Pranata, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Muhamad Syariffudin Z, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Pranata, I., & Z, M. (2014). RANCANG BANGUN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 24