PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DAN MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Faisal Hangga Dyanto Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas, mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa yang meliputi hasil belajar pengetahuan, keterampilan proses, keterampilan psikomotor, dan nilai-nilai pendidikan karakter, serta mendeskripsikan respons siswa pada materi pokok prinsip dasar gerbang logika AND, OR, dan NOT.

Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran teknik elektronika dasar dengan mengacu model pengembangan Fenrich, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 30 siswa Kelas X TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran menggunakan one-shot case study design.

Temuan hasil penelitian yakni kualitas perangkat pembelajaran berkategori baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pengetahuan sebesar 93,33% dengan signifikansi sebesar 0,000, keterampilan proses sebesar 96,66% dengan signifikansi sebesar 0,000, dan keterampilan psikomotor sebesar 100%, sedangkan ketuntasan hasil belajar nilai-nilai pendidikan karakter memperoleh kompetensi baik. Respons siswa yang menyatakan setuju bahwa belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif membuat saya senang dan tertarik terhadap mata pelajaran teknik elektronika dasar adalah sebesar 76,67% dan 1 6,67% menyatakan sangat setuju.

Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif, ketuntasan belajar, nilai-nilai pendidikan karakter

Abstract

This development research aims to produce quality learning instrument, describe student’s success rate which include knowledge achievement, process skill, psychomotor skill, and values of character education, also describe student’s response on subject matter of basic principle of logic gate AND, OR, and NOT.

This research is carried out in 2 phases, which the first phase is developing learning instrument of implementing cooperative learning model to improve student’s success rate and embedding value of character education into basic electronic engineering subject with reference to Fenrich development model, and the second phase is performing trial test of the learning instrument on 30 students of class X TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo. The design of trial test is using one-shot case study design.

This research discovers that the quality of learning instrument is good. The classical success rate of knowledge achievement is 93,33% with significance of 0,000, process skill is 96,66% with significance of 0,000, and psychomotor skill is 1 00%, while the success of values of character education achievement obtains good competence. 76% of students agree that learning by using cooperative learning model makes them happy and interested in basic electronic engineering subject and 1 6,67 % of students also strongly agree with it.

Keywords: cooperative learning model, success rate, values of character education

Author Biography

Faisal Hangga Dyanto, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Dyanto, F. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DAN MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 86