PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI SMKN 3 SURABAYA

  • Alfredo Perdana Elbashart Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • . Munoto . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran teknik listrik yang layak, meningkatkan ketuntasan belajar siswa yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran teknik listrik.

Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran teknik listrik dengan mengacu model instructional development cycle, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 30 siswa kelas X TAV 2 SMK Negeri 3 Surabaya. Rancangan dalam uji coba menggunakan one-group pretest-postest design.

Temuan hasil penelitian meliputi perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dilengkapi dengan Kunci LKS, dan Lembar Penilaian (LP) dilengkapi dengan Kunci Lembar Penilaian dikategorikan baik. Presentase ketuntasan belajar pengetahuan siswa sebesar 90%, presentase ketuntasan keterampilan proses siswa sebesar 100%, dan presentase ketuntasan belajar keterampilan psikomotor siswa sebesar 100%. Keterlaksanaan pembelajaran selama proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Kata-kata Kunci: ketuntasan belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Abstract

The purpose of this research are to get a  proper learning equipment electrical engineering, to know the students mastery learning that includes attitude, knowledge, and skill, and to know mastery learning on electrical engineering subject.

This research is done in two phases, the first phase is developing of lesson plan by using cooperative learning model STAD on electrical engineering subjects refers to model of instructional development cycle, and the second phase is testing learning equipments on 30 students of class X 2 TAV SMK Negeri 3 Surabaya. The design of the test is using a one group pretest posttest design.

The result of this research are learning equipment which developed by implementing cooperative learning model type of STAD which consists of syllabus, lesson plan, student worksheets include key worksheets and assessment sheet include well categorized key of assessment sheet. The percentage of students mastery learning of knowledge is 90%, the percentage of students mastery of process is 100%, while the percentage of students mastery learning of psychomotor skill is 100%. The learning feasibility during learning process can be done well.

Keywords: mastery learning, cooperative learning model STAD.

Author Biographies

Alfredo Perdana Elbashart, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
. Munoto ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Elbashart, A., & ., . (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI SMKN 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 46