PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Luckey Sardian Ratna Kusuma Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar berbasis kurikulum 2013. Dengan adanya penelitian pengembangan ini, diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa  pada kompetensi dasar menerapkan bi-polar transistor sebagai penguat daya.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan menerapkan proses berpikir tingkat tinggi yang memiliki tiga tahapan, yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap evaluasi, dan (3) tahap mencipta. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X AV 2 di SMK Negeri 5 Surabaya dengan sampel berjumlah 17 siswa.

Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil uji coba LKS dengan kategori baik, yaitu 81,76 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 82,4%. Berdasarkan hasil rating validasi Lembar Kerja Siswa berbasis Kurikulum 2013 ini diperoleh persentase dengan kategori baik, yaitu 82%. Respon siswa juga menunjukkan persentase dengan kriteria baik, yaitu sebesar 81,5%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Kurikulum 2013 ini dikategorikan baik dan layak untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Kurikulum 2013, Research and Development, Berpikir Tingkat Tinggi.

Abstract

The purpose of this study is to develop student worksheets used in curriculum based learning activities 2013. With this the research of development, is expected to assist teachers in improving student learning outcomes in basic competencies apply bi-polar transistors as power amplifier.

The research method used is a Research and Development (R & D) or by applying research and development of higher order thinking process that has three stages, namely (1) analyze, (2) evaluate, and (3) create. The population of this research is class X AV 2 at SMK Negeri 5 Surabaya totaly samples 17 students.

The result showed the average value of the results of trials with both categories worksheets, namely 81.76 with percentage of 82.4% KKM achievement. Based on the results of the validation rating Student Worksheet based curriculum in 2013 this percentage was obtained with both categories, namely 82%. The students response also shows the percentage 81.5% with good criteria. It is concluded that this 2013 curriculum based worksheets categorized good and worthy to be used as a source of learning in the learning activities.

Keywords: Student Worksheet, Curriculum 2013, Research and Development, Higher Order Thinking.

Author Biographies

Luckey Sardian Ratna Kusuma, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Kusuma, L., & ., L. (2014). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 40