PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA STANDARA MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PAMEKASAN

  • Ayu Izzaty Choirina Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Proses pembelajaran berbasis teori di dalam kelas masih cenderung bersifat teacher center dan membuat kegiatan belajar mengajar kurang efektif. Salah satunya penggunaan model pembelajaran konvensional. Untuk membantu mengurangi masalah dan kesulitan tersebut maka peneliti tertarik mengadakan pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kevalidan perangkat pembelajaran, respon siswa, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan bentuk desain pre-test and post-test group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe TAI secara keseluruhan dikategorikan sangat valid . Hasil keseluruhan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran kooperatif tipe TAI pada standar kompetensi menganalisis rangkaian listrik dikatergorikan sangat tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, baik dari aspek belajar kognitif, psikomotor, dan afektif.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe TAI, respon siswa, dan hasil belajar.

Abstract

The learning process based theory in the classroom still tends to be teacher center and make less effective teaching and learning activities. One of them is the use of conventional learning models. To help alleviate the problems and difficulties the researcher is interested to develop cooperative learning TAI device. The purpose of this study was to reveal the learning device, student responses, and student learning outcomes after the use of cooperative learning TAI model. This type of research was to use methods of Research and Development (R & D) to form the design of pre-test and post-test group. The results of this study indicate that the cooperative learning device TAI overall are categorized very valid. The overall result students' sresponse to the cooperative learning device TAI competency standards analyzing electrical circuits is catergoried very high. There are differences in learning outcomes before and after using cooperative learning type TAI model, they are from the aspect of learning cognitive, psychomotor, and affective.

Keywords: Learning device, TAI cooperative learning model, the response of students, and learning outcomes.

Author Biographies

Ayu Izzaty Choirina, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Choirina, A., & ., M. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA STANDARA MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PAMEKASAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 58