PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN

  • . . Syafrudy Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi teknik pemrograman dikarenakan kurang melakukan kegitan praktek. Sedangkan guru mengalami kendala antara lain terbatasnya bahan ajar yang digunakan, sulit dalam menyusun media pembelajaran yang menarik, dan minimnya peralatan (trainer) untuk kegiatan praktek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media interaktif menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, untuk mengetahui respon siswa terhadap media interaktif yang dikembangkan, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media interaktif.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan dilakukan di SMKN 2 Probolinggo pada semester genap Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Elektronika Industri.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media interaktif dinyatakan layak dengan perolehan sebanyak 9 indikator dinyatakan baik dan sebanyak 11 indikator dinyatakan sangat baik. (2) respon siswa terhadap media interaktif dinyatakan sangat tinggi dengan perolehan sebanyak 1 siswa merespon dengan sangat rendah, 8 siswa merespon dengan tinggi, dan 20 siswa merespon dengan sangat tinggi. (3) nilai rerata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 72,52 dan nilai rerata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 79,45. Sedangkan perhitungan uji statistika menggunakan teknik uji-t dengan bantuan program SPSS Versi 17.0 diperoleh nilai t hitung -4,535 derajat kebebasan  58 dengan signifikansi 0,00. Nilai t tabel diperoleh 2,00 derajat kebebasan 58 dengan signifikansi 0,05. Sehingga didapat nilai t hitung jatuh pada daerah penolakan H0 yang berarti terima H1 yaitu terdapat perbedaan rerata hasil belajar siswa yang menggunakan  media interaktif model pembelajaran berbasis proyek dengan rerata hasil belajar siswa yang  tidak menggunakan media  interaktif  model pembelajaran berbasis proyek secara sangat signifikan.

Kata Kunci: Media Interaktif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Teknik Pemrograman.

Abstract

This research is one attempt to overcome the constraints faced by the students and teachers where students have difficulties in understanding teknik pemrograman lesson because less material to do the practice activity. While teachers having problems include lack of teaching materials are used, it is difficult in developing instructional media interest, and lack of equipment (trainers) for practice. This research is aimed to determine the feasibility of interactive media using project based learning model, students' responses in interactive media development, and to determine differences in student achievement who use interactive media to compare by who are not using interactive media.

This study uses Research and Development (R & D) and conducted at SMK 2 Probolinggo in academic year 2013/2014. Subjects of this study were students of class X Teknik Elektronika Industri.

The results of this study indicate that (1) an interactive media declared eligible by the acquisition of 9 indicators expressed well and 11 indicators of otherwise very well. (2) students' response to interactive media expressed very high with the acquisition of 1 students responded very low, 8 students respond to high, and 20 students responded very high. (3) the average value of student achievement in the controller class is 72.52 and the mean value of the student achievement of students in the experimental class is 79.45. While the calculation of statistical testing using t-test techniques with SPSS 17.0. The values obtained t count -4.535 df 58 to 0,00 significance. T table obtained 2.00 df  58 with a significance of 0.05. Thus obtained t count value falls in the rejection region of H0 and accept H1 , which means that there are differences in the average of student achievement using interactive media project-based learning model with a mean of student achievement are not using interactive media project-based learning model is highly significant.

Keywords: Interactive Media, Project Based Learning, Programming Techniqe.

Author Biography

. . Syafrudy, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Syafrudy, . (2014). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 13