PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PLC PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPROGRAM PERALATAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK DENGAN I/O BERBANTUAN PLC DAN KOMPUTER DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

  • . Bagus Setiawan Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Puput Wanarti R. Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respons siswa terhadap modul pembelajaran PLC sebagai media pembelajaran kompetensi keahlian teknik elektronika industri SMK Negeri 2 Lamongan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (four D model) dari Thiagarajan dkk, model 4-D memiliki tahapan pengembangan meliputi : (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran), di mana Pada model pengembangan ini akan diadopsi sampai pada tahap D yang ketiga, yakni tahap develop (pengembangan) karena peneliti akan mengembangkan modul sampai pada tahap uji kelayakan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan pengembangan modul. Desain modul pada langkah ketiga yang dikembangkan, divalidasi berdasarkan ahli isi dan media pembelajaran, kemudian diuji coba ke siswa. Hasil validasi dan uji coba digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul yang telah dikembangkan berdasarkan aspek sampul dan format, ilustrasi, bahasa, dan isi.

Penilaian modul oleh beberapa validator dari keempat aspek menunjukkan hasil rata-rata sebesar 80,82%. Sedangkan respon siswa terhadap modul menunjukkan hasil rata-rata sebesar 82,98%. Berdasarkan hasil data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna, meskipun masih ada revisi untuk menyempurnakan modul pembelajaran yang disusun. Saran dari peneliti adalah hendaknya pengembangan modul pembelajaran PLC tidak berpacu standar kompetensi di sekolah saja yang mengajarkan teori dasar PLC, diharapkan pengembangan modul bisa menjelaskan tentang teori lanjut dari PLC agar dapat membantu siswa dalam bekal di perguruan tinggi ataupun di dunia kerja.

Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Model 4-D, PLC.

Abstract

This research is aimed to know the properness and students response to the PLC learning module as a learning media for industrial electronics techniques expertise competence in the State Vocational High School 2 Lamongan.

This research belongs to design research which applies 4D model of Thiagarajan et. al. 4D model consists of four steps, they are: (1) define; (2) design; (3) develop; and disseminate, where in this research only limited on the third step (develop) because the researcher will design the module just until the properness examination and matched to the module development need. Module design on the third step was validated by the expert for the content and the media development. The validation and field trial were used for measuring the properness level of the module based on some aspects, they are cover and format, illustration, language, and content.

The validation value for the four aspects was 80,82%. While students response for the module was 82,98%. Based on the result, it can be concluded that the designed module is proper to be applied and satisfy the user’s need, although some revision still needed to improve the designed module. It will be better if the PLC learning module is designed not based on the standard competence which teach the PLC fundamental theory, but also the advance theory of PLC in order to be able to give students supply for the next study or for their works.

Key Word : Learning Module, 4-D Model, PLC.

Author Biographies

. Bagus Setiawan, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Puput Wanarti R., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Setiawan, ., & R., P. (2014). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PLC PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPROGRAM PERALATAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK DENGAN I/O BERBANTUAN PLC DAN KOMPUTER DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 83