PEMBUATAN MEDIA BELAJAR TRAINER PLC PADA MATA DIKLAT PLC DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

  • . Mohammad Hariyadi Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Puput Wanarti R. Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat trainer dan jobsheet PLC sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran pada standar kompetensi Memprogram peralatan sistem pengendali elektronik yang berkaitan dengan I/O berbantuan PLC dan komputer. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon siswa terhadap media yang telah dibuat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang terdiri dari sepuluh  tahapan, namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tujuh tahapan berikut: 1) Analisis Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, dan 7) Analisa dan Pelaporan. Untuk mengetahui kelayakan trainer dan jobsheet PLC yang telah dibuat diperoleh dari hasil validasi oleh 5 validator dan respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, penilaian oleh validator terhadap media trainer pada keseluruhan aspek dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 85%, dan penilaian terhadap media jobsheet pada keseluruhan aspek dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 86%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media trainer dan jobsheet dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 84,26%. Hal ini menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet PLC yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : pembuatan trainer dan jobsheet, R & D, PLC.

Abstract

The aim of this research is to design PLC trainer and jobsheet as a learning tool on programming PLC and computer assisted electronics control system tool standard competence which related to I/O. Instead of the firs aim, this research also aimed to know the properness level and students response to the designed media.

This research applied Research and Development (R&D) which consists of teen steps, but in this research, only seven steps were done, they are: 1) Analyzing Problem, 2) Collecting Data, 3) Designing Product, 4) Validating Design, 5) Revising Design, 6) Field Trial, and 7) Analyzing and Reporting. The properness of PLC trainer and job sheet were known from the validation result by five validators and from the students response to the designed media.

Based on the result can be concluded that the validation results of the trainer was very good for all aspects with validation value 85%, and the validation results of the jobsheet was very good for all aspects with validation value 86%. The students response for all aspects of the trainer and the jobsheet was very good with the value 84,26%. Those results show that the PLC trainer and the jobsheet are proper to be used as learning media.

Keywords: Designing trainer and jobsheet, R&D, PLC.

Author Biographies

. Mohammad Hariyadi, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Puput Wanarti R., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Hariyadi, ., & R., P. (2014). PEMBUATAN MEDIA BELAJAR TRAINER PLC PADA MATA DIKLAT PLC DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 292