PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN KELAS X DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Achmad Aliyil Khakim Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Modul adalah bahan ajar yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam memahami suatu materi. Dengan adanya kurikulum yang baru guru dituntut untuk segera membuat perangkat pembelajaran yang baru dengan waktu yang singkat. Hal tersebut berakibat perangkat yang telah dibuat memiliki banyak kekurangan salah satunya pada modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan modul, respon siswa terhadap modul, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Manfaat penelitian ini adalah membantu siswa untuk belajar secara mandiri.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surabaya pada semester genap 2013-2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AV-1 & X AV-2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ni menggunakan metode angket dan metode tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan tinkat rating dan dan uji independent sample t-test.

Hasil data perbedaan hasil belajar siswa yang telah didapatkan setelah dilakukan peneitian diuji dengan uji-t independen. Dari uji tersebut didapatkan besar nilai t = 16.157. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel = 2.01, dan besar sig. = 0.000. Artinya, H0 ditolak dan terima H1. Jadi, perbedaan hasil belajar kelas X AV-1 dan kelas X AV-2 terdapat perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci: Modul,Bahan Ajar, Pemrograman, Bahasa Basic.

Abstract

Modules are instructional materials used by the teacher to assist students in understanding the material. With the new curriculum that teachers are required to immediately create new learning objects by short time. This results in a object that has been created has many shortcomings one of them on the module. The purpose of this study was to assess the feasibility of the module, students' response to the module, and to know the difference improving student learning outcomes. The benefit of this research is to help students to learn independently.

This research uses a Research and Development (R & D) method. This research conducted at SMK Negeri 2 Surabaya in the second semester 2013-2014. The subjects were students of class X AV-1 and X AV-2. Data collection techniques in this study using questionnaires and written test method. Analysis using the rating level and test independent sample t-test.

The results of the data improving student learning outcomes that have been obtained after peneitian tested with independent t-test. Of the test obtained great value t = 16 157. This value is greater than the value of t-table = 2.01, and large sig. = 0.000. That is, H0 and accept H1. Thus, improvement of learning outcomes in class X AV-1 and AV-2 class X there are significant differences.

Keywords: Module, Teaching Object, Programming, Languages Basic.

Author Biography

Achmad Aliyil Khakim, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Khakim, A. (2014). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN KELAS X DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 33