PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Rachmad Sigit Setiaji Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (MPKTGQGA) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif (MPK), dan (2) mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan menggunakan MPKTGQGA dengan keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan MPK.

Metode penelitian yang digunakanquasi experimental design dengan rancangan penelitian “Non-Equivalent Control Group Pre-Test Post-Test”.Subyek penelitian siswa kelas X ITL Progam keahlian (Progli) Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Surabaya, kelas X ITL 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X ITL 2 sebagai kelompok  kontrol. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa digunakan teknik analisis data dengan uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan MPKTGQGAdengan rata-rata 80,22 lebih tinggisecara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan modelMPKdengan rata-rata 76 pada taraf signifikansi 5%; dan (2) keterampilan sosial siswayang dibelajarkan menggunakan MPKTGQGA dengan rata-rata 75,89lebih tinggi secara signifikan dibandingkan keterampilan sosial siswa yang menggunakan MPK  dengan rata-rata 70,08.

Kata kunci: Model pembelajaran, kooperatif, tipe Giving Question and Getting Answer, hasil belajar, dan keterampilan sosial.

 

 

ABSTRACT

This research aims to: (1) gain the information difference learning outcomes of students who are taught using cooperative learning modelsgiving question and getting answer(MPKTGQGA) compared with learning outcomes of students who are taught using cooperative learning model (MPK), and (2) gain the information difference social skills of students who are taught using MPKTGQGA compared with social skills of students who are taught using MPK.

The research method used is a quasi experimentaldesign with “Non-Equivalent Control Group Pre-Test Post-Test”. This research subject is students class X ITL skills program (Progli) Installationof Electric PowerEngineering(TITL) State Vocational High School (SMKN) 2 Surabaya, class X ITL 1 for the experimental class and class X ITL 3for the control class in SMK Negeri 2 Surabaya. While to know the differences in the results of their study and social skills of students used data analysis techniques t-test.

The results showed that: (1) learning outcomes of students that uses MPKTGQGAwith an average 80,22is significantly higher compared withlearning outcomes of students that uses MPK with an average 76 at significance level 5%; and (2) social skills of students that uses MPKTGQGAwith an average 75,89 is significantly highercompare with social skills of students that uses MPKwith an average70,08.

Keywords: Learning models, Cooperative, type Giving Question and Getting Answer,learning outcomes, and student social skills.

Author Biography

Rachmad Sigit Setiaji, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
Setiaji, R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 30