PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE ELECTRONICS WORKBENCH DAN CIRCUIT MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN KELAS X SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • RIZQA Rosayanti ROSAYANTI Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran software electronics workbench dan circuit maker terhadap hasil belajar siswa pada materi ajar menerapkan dasar-dasar kelistrikan kelas X SMK Negeri 3 surabaya. Penelitian yang dilakukan dengan metode Quasi Experimental dan desain Nonequivalent Control Group ini bertujuan untuk mengetahui akibat dari suatu perlakuan dalam proses pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X- TAV SMKN 3 Surabaya tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 70 siswa yang terbagi dalam 2 kelas dimana setiap kelas terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Validasi instrumen penelitian ini adalah melalui pendapat para ahli (expert judgment) kemudian di uji cobakan melalui pre-test pada siswa kelas XI SMKN 3 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah dengan uji-test melalui program SPSS versi 17.

Berdasarkan hasil belajar diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol, hal ini dilihat pada nilai rata-rata kedua kelompok, dimana rata-rata kelompok eksperimen pretest 79.97, post-test 84.68, selisih peningkatannya adalah 4.71 sedangkan kelompok kontrol pretest 80.31, post-test 83.37, selisih peningkatannya adalah 3.06. Hasil dari uji-t kelompok eksperimen menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dengan harga t hitung sebesar 1.807 yang dikonsultasikan pada t tabel 1.671.

Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas Eksperiman yang diberi media pembelajaran EWB dan Circuit Maker dengan hasil belajar siswa pada kelas Kontrol tanpa pemberian media pembelajaran EWB dan Circuit Maker. Nilai hasil belajar kelas Eksperimen yang menggunakan media pembelajaran lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran. Dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (X-TAV 1) adalah 84,686 dan nilai rata-rata kelas kontrol (X-TAV 2) adalah 83,371. Dan diperoleh thitung = 1,807 > ttabel = 1,671.

 

Kata kunci :         Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Langsung, Eksperimen Semu, Hasil Belajar Siswa.

 

 

ABSTRACT

This study aimed  to know the influence effect of  media use electronics workbench software instructional and  circuit maker  against the student learning outcomes on subjects apply the basic of electricity class X SMKN 3 Surabaya Research carried out by the method of Quasi-Experimental and Control Group Nonequivalent design aims to determine the effect of a treatment in the learning process. This study population is grade X-TAV SMKN 3 Surabaya academic year 2012/2013 as many as 70 students were divided into 2 classes where each class consists of 35 students. Data collection techniques used in this study using a pre-test and post-test. Validation of research instruments is through expert opinion (expert judgment) then tested through a pre-test to the students of class XI SMKN 3 Surabaya. The data analysis technique used to analyze the research data is test- to test with SPSS.

Based on the study note that the experimental group was better than the control group, it is seen in the average value of the two groups, with an average of 79.97 experimental group pretest, posttest 84.68, margin improvement was 4.71 while the control group pretest 80.31, post- test 83.37, the difference in improvement was 3.06. The results of the t-test the experimental group showed an increase in learning outcomes at a price of 1,807 were not consulted on the 1,671 chart.

Thus, there is a difference in student learning outcomes in the provision of classroom experiments which learning media EWB and Circuit Maker than student learning outcomes in the classroom without the provision of instructional media control EWB and Circuit Maker. Value learning outcomes classroom experiments using instructional media better than the control students' classroom learning without the use of media. With an average class learning experimental results (X-TAV 1) is 84.686 and the average value of the control class (X-TAV 2) is 83.371. And obtained thitung = 1.807> TTable = 1.671.

Key words: Study Pheriperal, Direct Instruction Learning, Quasi Eksperiment,  Student Learning Outcomes.

Author Biography

RIZQA Rosayanti ROSAYANTI, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
ROSAYANTI, R. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE ELECTRONICS WORKBENCH DAN CIRCUIT MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN KELAS X SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 36