PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMETENSI MELAKUKAN INSTALASI SOUND SYSTEM

  • MERLYODE Hermansyah HERMANSYAH Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray(TSTS)lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung untuk mengajarkan materi melakukan instalasi sound system di SMKN 1 Madiun. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “Posttest Only Control Design”.

Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan uji-t sedangkan untuk angket respon siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu memberikan pengetahuan awal berupa penjelasan mengenai dasar-dasar dari kompetensi yang akan diajarkan. Langkah berikutnya,  guru memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas X AV 1 dan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray(TSTS) pada kelas X AV 3, dan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray(TSTS) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan Pembelajaran Langsung dengan rata-rata hasil belajar 80,10 dan 76,77. (2) Hasil respon siswa terhadap keseluruhan aspek pada lembar angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dikategorikan sangat baik dengan rata-rata hasil rating 84,72%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) layak digunakan dalam proses pembelajaran (KBM).

Kata kunci : Pembelajaran Kooperaif Two Stay Two Stray (TSTS), Pembelajaran Langsung, Hasil belajar siswa.

Abstract

This study aimed to determine whether student learning outcomes using types of cooperative learning Two Stay Two Stray (TSTS) higher compared to direct instruction to teach the material to install a sound system in SMKN 1 Madiun. The study design used was "Posttest Only Control Design".

In this study, the data collection method used is through tests of student learning outcomes were analyzed using t-test, while the students' responses to the questionnaire were analyzed descriptively and quantitatively expressed as a percentage. The first treatment is to give initial knowledge in the form of an explanation of the basics of the competencies that will be taught. The next step, the teacher provides the learning process by using a model of direct instruction in class X AV 1 and type of cooperative learning Two Stay Two Stray (TSTS) in class X AV 3, and last held the post-test to determine student learning outcomes.

Based on these results, it is concluded that: (1) The results of student learning in the classroom using cooperative learning type of Two Stay Two Stray (TSTS) higher than the class that uses Direct Learning with an average of 80.10 and 76.77 learning outcomes . (2) The students 'response to all aspects of the students' responses on the questionnaire sheet can be concluded that the process of learning by using cooperative learning type of Two Stay Two Stray (TSTS) categorized very well with average rating 84.72%. This suggests that the type of cooperative learning Two Stay Two Stray (TSTS) fit for use in the learning process (KBM).

Keywords: Cooperative Learning Two Stay Two Stray (TSTS), Learning Direct, student learning outcomes.

Author Biography

MERLYODE Hermansyah HERMANSYAH, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
HERMANSYAH, M. (2013). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMETENSI MELAKUKAN INSTALASI SOUND SYSTEM. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 22