PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE OBSERVATION AND FEEDBACK DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • SINGGIH Purwadi PURWADI Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran aktif tipe Active Observation And Feedback (MPAAOF) dan dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (MPL); (2) mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan dengan MPAAOF dan  dibelajarkan dengan MPL; dan (3) mengetahui perbedaan antara keterampilan psikomotor siswa yang dibelajarkan dengan MPAAOF dan MPL.

Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Surabaya. Metode penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan “Non Equivalent Control Group Design”. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X ITL-1 sebagai kelompok eksperimen dibelajarkan dengan MPAAOF dan X ITL-2 sebagai kelompok kontrol dibelajarkan dengan MPL. Untuk menganalisis data menggunakan statistik uji-t.

Berdasarkan hasil uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa  dengan rata-rata 83,50  yang dibelajarkan dengan MPAAOF dan rata-rata 80,61 yang dibelajarkan dengan MPL; (2) terdapat perbedaan signifikan keterampilan sosial siswa dengan rata-rata 70,09 yang dibelajarkan dengan MPAAOF  dan rata-rata 63,71 yang dibelajarkan dengan MPL; (3) terdapat perbedaan signifikan keterampilan psikomotor siswa dengan rata-rata 70,57 yang dibelajarkan dengan MPAAOF dan rata-rata 62,44 yang dibelajarkan dengan MPL.

Kata kunci: model pembelajaran,  active, observation, feedback, hasil belajar, keterampilan, sosial, psikomotor.

Abstract

This research aims to: (1) gain the information difference in the student learning results who learned using active learning models type Active Observation And Feedback (MPAAOF) compared with the student who learned using Direct Instruction Model (MPL), (2) gain the information difference in student social skills who learned using MPAAOF compared with the student who learned using MPL; (3) gain the information difference in student psychomotoric skills who are learned to use MPAAOF compared with the student who learned using MPL.

This research was conducted in Vocational Schools State 2 Surabaya. The research method is Quasi Experimental Design with “Non Equivalent Control Group Design” program. The subject in this research are students in class X ITL-1 as the experiment group who learned using MPAAOF  and class X ITL-2 as control group who leaned using MPL. To analyze the data using statistical t-test.

Based the t-test results, the research results showed that: (1) there is significant differences in student learning results with average 83,50 who learned using MPAAOF and average 80,61 who learned using MPL; (2) there is significant differences in student social skill results with average 70,09 who learned using MPAAOF and average 63,71 who learned using MPL; (3) there is significant differences in student psychomotor results with average 70,57 who learned using MPAAOF and average 62,44 who learned using MPL.

Keywords: learning model, active, observation, feedback, learning results, social skills, psychomotor.

Author Biography

SINGGIH Purwadi PURWADI, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
PURWADI, S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE OBSERVATION AND FEEDBACK DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 34