PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH ELEKTRONIKA DIGITAL DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Istha N. Romadhoni N. Jurusan Teknik elektro FT Unesa
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah Elektronika Digital di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Sasaran penelitian yaitu mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universtas Negeri Surabaya semester genap 2014.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket respon mahasiswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu tahap analisa masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk,analisa dan pelaporan.

Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah silabus dan modul pembelajaran. Hasil validasi oleh validator terhadap pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah Elektronika Digital mendapatkan persentase kelayakan validasi perangkat pembelajaran dengan memperoleh hasil rata-rata 72,93%. Sedangkan respon mahasiswa terhadap pengembangan modul pembelajaran adalah positif dengan memperoleh rata-rata sebesar 83,66%. Dari hasil dan analisis data respon mahasiswa dikategorikan sangat baik maka pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah Elektronika Digital layak digunakan dalam proses perkuliahan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya.

Kata Kunci:     Pengembangan Modul Pembelajaran, Respon Mahasiswa, Mata Kuliah Elektronika Digital.

Abstract

This study aims to determine the response of students to the development of learning modules on subjects Digital Electronic. Target research that students of Electrical Engineering Education S1 Surabaya State University semester 2014.

Methods of data collection in this study was obtained through student questionnaire responses were analyzed descriptively quantitatively expressed as a percentage. The stages are implemented in this research is the analysis phase of the problem, the data collection stage, the stage of product design, design validation stage, stage design revisions, product testing phase, analysis and reporting.

The device used is a learning module syllabus and learning. The results of the validation by the validator to the development of learning modules on the course to get a percentage Digital Electronic feasibility study to obtain the validation average yield 72,93%. While the student response to the development of learning modules is positive with an average gain of 83,66%. From the results and analysis of student response data is categorized very well the development of learning modules on subjects worthy Digital Electronic used in the lecture in the Department of Electrical Engineering, State University of Surabaya.

Keywords: Learning Module Development, Student Response, Digital Electronic Course.

Author Biographies

Istha N. Romadhoni N., Jurusan Teknik elektro FT Unesa
Jurusan Teknik elektro FT Unesa
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik elektro FT Unesa
Jurusan Teknik elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
N., I. N., & ., L. (2014). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH ELEKTRONIKA DIGITAL DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 77