LEVEL-LEVEL ABSTRAKSI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

  • . . Wiryanto Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak
Tulisan pada jurnal ini bertujuan untuk mengetahui proses abstraksi mahasiswa dalam pemecahan
masalah matematika tentang Aplikasi Turunan tentang Nilai Ekstrim di Fakultas Teknik Unesa.
Manfaat tulisan ini adalah memberikan masukan kepada guru/dosen yang mengajar matematika
untuk dapat mengetahui proses abstraksi mahasiswa, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan
pertimbangan dalam menyusun rencana pembelajaran. Permasalahannya adalah bagaimana proses
abstraksi mahasiswa dalam memecahkan/menyelesaikan masalah matematika yang terkait Aplikasi
Turunan (Derivatif) tentang Pengoptimuman. Abstraksi adalah sebuah aktivitas yang merupakan
proses mental dalam membentuk suatu konsep matematika yang melibatkan hubungan-hubungan
antar struktur atau objek-objek matematis. Pada tulisan ini, abstraksi yang digunakan adalah abstraksi
reflektif (theoretical abstraction), yaitu mengacu pada kemampuan mahasiswa untuk
memproyeksikan (merekonstruksi/mengungkapkan kembali) dan mereorganisasi struktur yang
diciptakan dari aktivitas dan interpretasi siswa sendiri kepada suatu situasi baru. Aktivitas-aktivitas
abstraksi refleksi yang terlibat dalam setiap tahapan adalah sebagai berikut: (1) pengenalan
(recognition), (2) representasi (representation), (3) abstraksi struktural (structural abstraction), dan
(4) kesadaran struktural (structural awareness). Sedangkan pemecahan masalah matematika adalah
proses menemukan jawaban matematika yang meliputi: memahami masalah, merencanakan
pemecahan masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh.
Kata kunci: Level-level abstraksi, pemecahan masalah matematika, terapan turunan (optimum)
Abstract
The aim of journal was determined abstraction process of students in mathematical problem solving
on Derivatives Applications of Extreme Value in the Faculty of Engineering Unesa. Benefits of this
paper is to provide feedback to teachers or lecturers who teach mathematics to be able to know the
process of abstraction student, so it can be used as a material consideration in preparing lesson plans.
The problem is how will student to applicate derivative process of abstraction in problem solving
mathematical related to optimization. The Abstraction is an activity which is a mental process in the
form of a mathematical concept that involves the relationships between structures or mathematical
objects. In this paper, the abstraction used reflective abstraction (theoretical abstraction), which refers
to the ability of students to project (reconstruct / restate) and reorganizes the structure created from the
activity and the student's interpretation to new situation. The reflection abstraction activities involved
each phase are: (1) recognition, (2) representation, (3) structural abstraction, and (4) structural
awareness . While problem solving of mathematical was the mathematical process of finding answers
that included: understand the problem, the problem-solving plan, implement the plan, and re-examine
the results obtained.
Keywords: Levels of abstraction, mathematical problem solving, applied derivatives (optimum)

Author Biography

. . Wiryanto, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Wiryanto, . (2014). LEVEL-LEVEL ABSTRAKSI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 478