PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER PROJECT BOARD PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI RELASI LOGIK DAN FUNGSI GERBANG DASAR DI SMK NEGERI 3 BUDURAN

  • . Rani Kusumawati Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • IGP Asto B Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media trainer project board ini  bertujuan untuk membantu siswa dalam  memahami materi pada kompetensi dasar memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar. Sehingga siswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan motorik dan kemampuan psimotoriknya  karena dapat mempraktekan media tersebut secara langsung. Selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media dan respon peserta didik terhadap media trainer project board beserta jobsheet yang dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan jenis model  pengembangan R&D (Research and development) yang dikemukakan oleh sugiyono. Dalam penelitian ini media diujicobakan pada siswa kelas X Teknik Komputer jaringan. Penelitian ini memiliki 9 tahapan diantaranya, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, dan (9) analisis dan pelaporan.

Hasil penelitian pengembangan media trainer project board pada kompetensi dasar memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar memiliki kategori sangat baik sebesar 86,98% sedangkan jobsheet sebesar 88,29%. Untuk respon media ini mendapatkan 85,63% respon positif dari siswa. Hasil uji coba rangkaian didapatkan dari hasil output yang dihasilkan dari tegangan inputannya dan dengan tabel kebenaran.

 

Kata kunci    :  Pengembangan Media Trainer Project BoardResearch and Development (R&D).

Abstract

The media development research of trainer project board aims to help the students to understand basic competency of logical relation and basic gate function, so that the students are expected that they can improve their motor skills and psychomotor skills to practice with the media directly. Furthermore, it is also needed to know the properness of the media and the students’ response toward the media trainer project board along with a developed jobsheet.

This research uses types of model R&D (Research and Development) which is proposed by Sugiyono. In this research, the media is examined to the students of class X of Computer Engineering Network. This research has 9 steps, which are: (1) Potential and Problem, (2) Data Collection, (3) Product Design, (4) Validity of Product Design, (5) Product Design Refinement/Revision, (6) Product Trial, (7) Product Revision, (8) Trial Use and (9) Analysis and Report.

The result of media development research trainer project board toward basic competency to understand logical relation and basic gate function has very good category in the amount of 86,98%, while jobsheet in the amount of 88,29%. For this media response gets 85,63% positive response from the students. The result of test cicuit are obtained from output result which is produced by input voltage and table of truth.

Keywords : Media Development Trainer Project Board, Research and Development (R&D).

Author Biographies

. Rani Kusumawati, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
IGP Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Kusumawati, ., & B, I. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER PROJECT BOARD PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI RELASI LOGIK DAN FUNGSI GERBANG DASAR DI SMK NEGERI 3 BUDURAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 48