PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODULE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL ELEKTRONIKA DI SMPN 6 SURABAYA

  • . Hendri Jonias Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan Media Pembelajaran E-Module yang layak digunakan pada mata pelajaran muatan lokal elektronika. Dan yang kedua adalah mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan E-Module sebagai media pembelajaran dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran E-Module atau hanya memakai model pembelajaran langsung (MPL).

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas,kelas VII E-F sebagai kelas eksperimen dan VII G-H sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t dua pihak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media pembelajaran E-Module yang digunakan pada proses pembelajaran mendapatkan hasil rating rata-rata sebesar 84%, sehingga media pembelajaran E-Module dikategorikan sangat baik. Dan hasil yang kedua adalah Prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran E-Module terdapat perbedaan secara signifikan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran E-Module dengan rata-rata hasil belajar sebesar 86 (eksperimen) dan 78 (kontrol).

 

Kata kunci: Research and Development, Media Pembelajaran, E-Module ,  Prestasi Belajar Siswa.

Abstract

This research has the objective to generate worthy E-Module learning media for electronics class and the second is knowing the difference in learning achievement of students who use E-module as a learning media with students  who dont use E-Module learning media or just use directly instructional model of teaching (MPL).

The method used in this study is Research and Development. The population in this research were students of class VII SMPN 6 Surabaya. The sample were taken are 2 classes, VII EF class as experiment-class and VII GH class as the control class.  Then to know the result of students achievement, it is used data analysis techniques of t-test two parties.

The result of research showed that E-Module learning media is used in the learning process to get the average rating of 84%, so E-Module learning media is very well and worthy to use in SMPN 6 Surabaya. And the second result in this research is learning achievement of students who use E-Module is better than learning achievement of students who dont use E-Module learning media with an average value of  86 for the class which students are use E-Module and the average value 78 for the students in class dont use E-Module

 

Keywords: Research and Development, Learning Media, E-Module , Student Achievement.

Author Biography

. Hendri Jonias, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Jonias, . (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODULE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL ELEKTRONIKA DI SMPN 6 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 236