https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/issue/feed Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2022-09-16T22:40:33+00:00 L Endah Cahya Ningrum endahningrum@unesa.ac.id Open Journal Systems <p><span style="font-size: 10;"><strong>Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE)</strong> merupakan sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Teknik Elektro. Semua publikasi di jurnal JPTE bersifat <strong>akses terbuka</strong> yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online<strong> tanpa berlangganan</strong>.</span></p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/48417 PENGGUNAAN FESTO FLUIDSIM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 1 CERME 2022-07-26T08:50:29+00:00 Johan Wahyu Nugroho johan.18020@mhs.unesa.ac.id Puput Wanarti Rusimamto puputwanarti@unesa.ac.id Munoto - munoto@unesa.ac.id Tri Wrahatnolo triwrahatnolo@unesa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Festo Fluidsim sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Cerme. Metode yang digunakan adalah eksperimen berjenis quasi experimental design dengan desain penelitian nonequevalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah 70 siswa. Sampel penelitian pada kelas XI TITL 1 sebanyak 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI TITL 3 sebanyak 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran terdiri dari jobsheet, rencana pelaksanaan pembelajaran, soal pretest-posttest, dan angket responden. Teknik analisis data diolah menggunakan SPSS dengan berbagai tahap yaitu uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kelas eksperimen mendapat rata-rata lebih tinggi daripada nilai ratarata kelas kontrol; validasi angket mendapat nilai rata-rata sebesar 88%, dikategorikan sebagai sangat valid; Nilai rata-rata pada respon siswa mendapat 80%, dikategorikan praktis; uji t-tes menghasilkan nilai t hitung &gt; ttabel. uji independent sample t-test mendapatkan nilai 0,005 &lt; 0,05 yang dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dari penggunaan media pembelajaran Festo Fluidsim terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dengan setelah menggunakan media pembelajaran Festo Fluidsim. Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru agar dapat membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah dilakukan guna meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2022-07-14T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/48418 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK OTOMASI INDUSTRI (TOI) SMK SEMEN GRESIK 2022-07-14T02:10:39+00:00 Ammar Dhoifullah ammardhoifullah@gmail.com Achmad Imam Agung achmadimam@unesa.ac.id Nur Kholis nurkholis@unesa.ac.id Meini Sondang Sumbawati meinisondang@unesa.ac.id <p>Media pembelajaran interaktif adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang memanfaatkan produk atau layanan multimedia yang diajarkan oleh guru kepada siswa berupa penyajian konten pembelajarannya seperti gambar, teks, animasi, audio, video, dan juga game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X jurusan TOI layak atas dasarckevalidan,1kepraktisan, dan keefektifan media1pembelajaran. Model penelitian yang digunakanspada1penelitian pengembangan ini adalah model penelitian R&amp;D (Research and Development). Penelitian1ini diujikan pada 15 siswa kelas X TOI SMK Semen Gresik. Instrumen pengumpulan1data dalam1penelitian ini adalah berupa validasi media1dan validasi butir soal untuk menguji kevalidan media, selanjutnya adalah penilaian keterlaksanaan pembelajaran1yang diisi oleh guru dan angket1respon siswa untuk menguji kepraktisan media , selanjutnya adalah soal pre-test1dan post-test1untuk menguji keefektifan media. Dari penelitian ini diperoleh hasil dari validasi media dengan rerata sebesar 89.2% hasil yang sangat valid, hasil validasi butir soal dengan rerata sebesar 96% hasil yang sangat valid. Kepraktisan media dari keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh guru mendapatkan hasil rerata sebesar 95.2% hasil yang sangat Baik, untuk angket siswa mendapat hasil rerata sebesar 83% hasil yang sangat Baik. Keefektifan media untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai gain sebesar 0.8 dikategorikan sebagai kategori “tinggi” dan nilai dari thitung 24.04 &gt; ttabel 2.16. yang berarti treatment berupa media pembelajaran interaktif1articulateastoryline dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dasar listik dan elektronika berbasis articulate storyline layak untuk digunakan oleh guru sebagai pendamping1dalamaproses belajar mengajar.</p> 2022-07-14T02:10:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/48795 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB ENHANCED COURSE (WEC) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK KELAS X TITL DI SMKN 1 DRIYOREJO 2022-07-26T08:51:03+00:00 Mohammad Khairul Miftah mohammadkhairul.18016@mhs.unesa.ac.id Achmad Imam Agung achmadimam@unesa.ac.id Euis Ismayati euisismayati@unesa.ac.id Tri Rijanto tririjanto@unesa.ac.id <p>Belum berakhirnya pandemi menyebabkan kegiatan pembelajaran sering mengalami perubahan yaitu melaksanakan kegiatan belajar secara online, hybrid, dan juga tatap muka. Banyak teknologi yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran secara E-Learning, salah satunya adalah dengan menggunakan web. Pengamatan penulis yang diperoleh dari kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) pada SMK terkait diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan E-Learning masih belum maksimal, untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan sebuah media pembelajaran berbasis Web Enhanced Course (WEC). Fokus masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimana keaktifan belajar siswa, (2) bagaimana tanggapan siswa, dan (3) bagaimana hasil belajar siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis WEC. Penelitian ini memakai quasi-experimental dengan one group pretest-posttest design, variabel independent penelitian ini yakni penerapan media pembelajaran berbasis WEC sedangkan variable dependent-nya yaitu hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan siswa kelas X TITL 1 dan X TITL 2 sebagai populasi, sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas X TITL 1. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian didapatkan beberapa kesimpulan antara lain: (1) hasil pengamatan keaktifan siswa menghasilkan persentase sebesar 62,07% yaitu siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran, (2) penerapan media pembelajaran mendapatkan persentase tanggapan siswa sebesar 85,10% yaitu tanggapan sangat baik, dan (3) hasil analisis belajar siswa menghasilkan nilai t-hitung sebesar -10,04 dan t-tabel sebesar -1,67 sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan media pembelajaran berbasis WEC.</p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/48796 Pengaruh Media Pembelajaran Software Simulator Kontrol Motor Listrik Berbasis Android, Kemandirian Belajar, dan Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 1 Bangil 2022-08-11T07:09:18+00:00 Arrahmad Dwi Budiarto arrahmad.18006@mhs.unesa.ac.id Joko - joko@unesa.ac.id Tri Rijanto tririjanto@unesa.ac.id Tri Wrahatnolo triwrahatnolo@unesa.ac.id <p><span id="page3R_mcid26" class="markedContent"><span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.915128);" role="presentation">Simurelay</span> <span dir="ltr" style="left: 232.633px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.889577);" role="presentation">merupakan</span> <span dir="ltr" style="left: 317.576px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.865109);" role="presentation">suatu</span> <span dir="ltr" style="left: 363.939px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.933);" role="presentation">aplikasi</span> <span dir="ltr" style="left: 426.883px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.954841);" role="presentation">android</span> <span dir="ltr" style="left: 491.083px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.891844);" role="presentation">yang</span> <span dir="ltr" style="left: 534.26px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.870763);" role="presentation">dapat</span> <span dir="ltr" style="left: 581.62px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.921871);" role="presentation">diunduh</span> <span dir="ltr" style="left: 647.356px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.94328);" role="presentation">melalui</span> <span dir="ltr" style="left: 708.317px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.944053);" role="presentation">play</span> <span dir="ltr" style="left: 748.256px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.899652);" role="presentation">store,</span> <span dir="ltr" style="left: 796.828px; top: 426.64px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.923287);" role="presentation">simurelay</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 445.89px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.940472);" role="presentation">merupakan aplikasi yang digunakan untuk simulasi rangkaian kontrol motor listrik</span><span dir="ltr" style="left: 714.717px; top: 445.89px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif;" role="presentation">.</span> <span dir="ltr" style="left: 724.117px; top: 445.89px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.953478);" role="presentation">Dalam penelitian ini</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 465.09px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.91224);" role="presentation">memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh media pembelajaran berupa</span> <span dir="ltr" style="left: 640.717px; top: 465.09px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.911423);" role="presentation">software</span> <span dir="ltr" style="left: 702.717px; top: 465.09px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.946637);" role="presentation">simulator kontrol motor</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(1.02446);" role="presentation">listrik</span> <span dir="ltr" style="left: 203.192px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.87145);" role="presentation">berbasis</span> <span dir="ltr" style="left: 268.433px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.954841);" role="presentation">android</span> <span dir="ltr" style="left: 332.083px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.904386);" role="presentation">dalam</span> <span dir="ltr" style="left: 383.245px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.892872);" role="presentation">pembelajaran</span> <span dir="ltr" style="left: 483.683px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.914133);" role="presentation">guide</span> <span dir="ltr" style="left: 531.408px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.909816);" role="presentation">discovery</span> <span dir="ltr" style="left: 605.76px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.956216);" role="presentation">learning</span><span dir="ltr" style="left: 662.517px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif;" role="presentation">,</span> <span dir="ltr" style="left: 677.291px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.918368);" role="presentation">kemandirian</span> <span dir="ltr" style="left: 770.815px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.928979);" role="presentation">belajar,</span> <span dir="ltr" style="left: 831.367px; top: 484.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.85082);" role="presentation">serta</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 503.49px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.966514);" role="presentation">keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI teknik instalasi tenaga listrik di SMKN l Bangil</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 522.49px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.982324);" role="presentation">untuk mata pelajaran instalasi motor listrik SMKN 1 Bangil. Penelitan kuantitatif ini</span> <span dir="ltr" style="left: 751.567px; top: 522.49px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.88999);" role="presentation">mempergunakan </span><span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 541.69px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.934676);" role="presentation">sebuah desain penelitian</span> <span dir="ltr" style="left: 334.083px; top: 541.69px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.947949);" role="presentation">quiasi experiment.</span> <span dir="ltr" style="left: 470.083px; top: 541.69px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.952271);" role="presentation">Metode yang dipergunakan berupa metode eksperimen.</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 560.89px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.973871);" role="presentation">Populasi yang dipergunakan ialah peserta didik kelas XI di SMKN 1 Bangil dengan sampel kelas XI</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 580.09px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.975073);" role="presentation">program keahlian teknik instalasi tenaga listrik. Untuk teknik pengumpulan data yang dipergunakan</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 599.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.8834);" role="presentation">berupa tes,</span> <span dir="ltr" style="left: 238.135px; top: 599.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.919628);" role="presentation">kuisioner, dan lembar observasi. Instrumen yang dipergunakan adalah lembar observasi, tes</span>&nbsp; <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 618.49px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.919495);" role="presentation">kognitif, serta angket. Teknik Analisis data yang dipergunakan berupa anova 3 jalur. Pada hasil penelitian</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 637.49px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.959217);" role="presentation">ini ditunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran simulator kontrol untuk motor listrik berbasis</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 656.69px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.915047);" role="presentation">android dan kemandirian dalam pembelajaran</span> <span dir="ltr" style="left: 468.283px; top: 656.69px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.935321);" role="presentation">guide discovery learning</span> <span dir="ltr" style="left: 641.117px; top: 656.69px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.930708);" role="presentation">ini terbukti adanya peningkatkan</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 675.89px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.952246);" role="presentation">pada hasil belajar siswa untuk mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XI SMKN 1 Bangil. Implikasi</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 695.09px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.94199);" role="presentation">dari penelitian ini bahwa mata pelajaran instalasi motor listrik bisa lebih efektif menggunakan simulator</span> <span dir="ltr" style="left: 153.84px; top: 714.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.938235);" role="presentation">kontrol motor listrik berbasis</span> <span dir="ltr" style="left: 352.083px; top: 714.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif; transform: scaleX(0.954841);" role="presentation">android</span><span dir="ltr" style="left: 405.083px; top: 714.29px; font-size: 16.6px; font-family: sans-serif;" role="presentation">.</span></span></p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/49050 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO DI SMKN 1 JIWAN 2022-08-09T06:13:52+00:00 Haysna Resikawati haysnaresikawati@mhs.unesa.ac.id Nur Kholis nurkholis@unesa.ac.id Bambang Suprianto bambangsuprianto@unesa.ac.id Syariffuddien Zuhrie zuhrie@unesa.ac.id <p>Sistem penyelenggaraan pendidikan di Indonesia semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Perkembangan tersebut pada akhirnya akan mendorong terjadinya perubahan di segala aspek pendidikan, mulai dari muatan materi, kurikulum, SDM pengajar, hingga sumber belajar yang digunakan. Salah satu bentuk perkembangan yang dimaksud adalah digunakannya lembar kerja peserta didik dalam bentuk elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (LKPDE) mata pelajaran Perencanaan Instalasi Sistem Audio dan Video dengan menggunakan metode ADDIE. Pengembangan dengan metode ADDIE memiliki lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Sasaran pengembangan adalah Guru dan Peserta didik Kelas XI-TAV SMKN 1 Jiwan yang diketahui menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan sumber belajar yang kurang memadai. LKPDE yang dikembangkan berfokus pada empat materi dalam jurusan Teknik Audio Video, yaitu Gelombang Suara, Psikoakustik Telinga Manusia, Mikrofon, dan Pre-amplifier. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa produk LKPDE mata pelajaran Perencanaan Instalasi Sistem Audio dan Video tergolong layak untuk digunakan. Kelayakan tersebut didasarkan pada skor validasi dari para ahli yang diterima adalah sebesar 49,33. Skor ini berada pada rentang nilai A yaitu X ≥ 45 yang memiliki interpretasi Sangat Tinggi. Selain itu, kelayakan produk juga didasarkan pada skor kepraktisan dari respons Guru dan peserta didik yang masing-masing sebesar 51 dan 48,6. Kedua skor tersebut sama-sama memiliki interpretasi kepraktisan Sangat Tinggi.</p> 2022-08-09T06:13:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/49086 STUDI LITERATUR: KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA SMK 2022-08-15T03:05:24+00:00 Baghas Elmo Adil Laksana baghaslaksana@mhs.unesa.ac.id Tri Rijanto tririjanto@unesa.ac.id Meini Sondang Sumbawati meinisondang@unesa.ac.id Rina Harimurti rinaharimurti@unesa.ac.id <p>Pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu tugas seorang guru. dalam kegiatan belajar mengajar, siswa mempunyai berbagai macam karakteristik dan perbedaan daya tangkap sehingga guru dituntut untuk inovatif dalam penyampaian materi belajar. Model pembelajaran kooperatif yang bervariasi dapat...menjadi salah. satu pilihan guru dalam penyampaian materi belajar yang lebih inovatif sehingga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar. Tujuan dari studi literatur ini ialah untuk mengetahui diantara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran TGT, yang manakah model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Studi literatur ini menggunakan Google Scholar untuk memperoleh artikel dari rentang tahun 2015-2020 menggunakan 2 kata kunci yaitu “Penggunaan NHT dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk” dan “Penggunaan TGT dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk. Dengan menggunakan kata kunci diperoleh 2160 artikel yang relevan mengenai model pembelajaran NHT dan diperoleh 2190 artikel yang relevan mengenai model pembelajaran TGT dan kemudian artikel-artikel tersebut dilakukan proses identification, screening, dan eliglibility sehingga didapatkan 10 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan kajian literatur dan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: Penggunaan model pembelajaran TGT lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran NHT dengan rerata kenaikan 13,5 dengan skor kenaikan tertinggi 20 dan skor kenaikann terendah 6,57.</p> 2022-08-15T03:05:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/49126 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 SIDOARJO 2022-08-17T06:19:43+00:00 Ilmia Dwi Nur Hidayati ilmia.18041@mhs.unesa.ac.id Agus Budi Santoso agusbudi@unesa.ac.id Meini Sondang Sumbawati meinisondang@unesa.ac.id Edy Sulistiyo edysulistiyo@unesa.ac.id <p>Teknologi dan ilmu pengetahuan semakin berkembang pesat merupakan pendorong untuk pengembangan inovasi belajar khususnya media pembelajaran. Media pembelajaran dibuat supaya peserta didik tidak mudah bosan dan bisa terus belajar secara mandiri untuk terus mengulang materi yang telah dijelaskan pengajar. Pada saat belajar mengajar terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya adalah media pembelajaran. Penelitian pengembangan multimedia interaktif bertujuan untuk mendapatkan media pembelajaran yang menarik dan layak digunakan yang dilihat dari tiga kriteria : (1) Validitas multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar, (2) Hasil belajar siswa (keefektifan) setelah menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sidoarjo. (3) Respon siswa (kepraktisan) terhadap multimedia interaktif mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&amp;D (Research &amp; Development) dengan model penelitian ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X TAV 2 SMKN 1 Sidoarjo sebanyak 26 peserta didik. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada semester genap 2021/2022. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran dinyatakan Sangat Valid, (2) Berdasarkan hasil belajar dari nilai pretest-posttest memperoleh peningkatan hasil belajar sehingga multimedia interaktif dinyatakan Sangat Efektif (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan SangatPraktis. Setelah mengetahui hasil penelitian, maka multimedia interaktif mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar layak digunakan sebagai media pembelajaran.</p> 2022-08-17T06:19:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/49184 PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 3 FASA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK SISWA SMK KELAS XI TITL DI SMK NEGERI 3 SURABAYA 2022-08-24T14:01:03+00:00 Ade Aji Pangestu ade.17050514048@mhs.unesa.ac.id Euis Ismayati euisismayati@unesa.ac.id Joko - joko@unesa.ac.id Tri Rijanto tririjanto@unesa.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran trainer dan jobsheet yang layak digunakan, pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMKN 3 Surabaya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode Research and Development (R&amp;D), menggunakan penelitian One Group Pretest – Posttest Design. Untuk memilih subjek penelitian ini menggunakan simple random sampling, terpilihlah subjek untuk penelitian ini yaitu 14 siswa kelas XI TITL 2 dari SMKN 3 Surabaya. Perolehan hasil validasi trainer yaitu rata-rata 84,48%, hasil validasi jobsheet rata-rata 84,52%, hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ratarata 85,42%, hasil dari kepraktisan diperoleh dengan analisis hasil respon guru mendapat rata-rata 88,30%, dan analisis hasil respon siswa rata-rata 86,92%. Hasil data Pretest menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar 52,85, sedangkan data posttest mendapatkan rata-rata 77,85. Data yang didapat dari analisis menggunakan paired sample t-test antara lain nilai thitung sebesar 15,083, nilai degree of freedom (df) sebesar 13, dan nilai taraf signifikansi adalah 0,000. Diketahui nilai ttabel sebesar 2,160 dengan nilai taraf signifikan 0,05. Dari data hasil perhitungan uji paired sample t-test di dapatkan nilai (2-tailed) 0,000. Hasil tersebut menandakan bahwa nilai dari 2-tiled 0,000 lebih kecil dari &lt; 0,05. Hal ini menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran trainer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik (IPL) di kelas XI TITL 2 di SMKN 3 Surabaya.</p> 2022-08-24T14:01:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/49331 STUDI KEPUSTAKAAN PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING 2022-09-16T22:40:33+00:00 A’an Auliya’ul Musthofa aan.18028@mhs.unesa.ac.id Meini Sondang Sumbawati meinisondang@unesa.ac.id Edy Sulistiyo edysulistiyo@unesa.ac.id Euis Ismayati euisismayati@unesa.ac.id <p>Pembelajaran daring yang ditetapkan saat pemerintah mengambil keputusan karena adanya musibah pandemi virus Covid-19 yang menyerang dunia. Indonesia termasuk salah satu negara yang terkena musibah Covid-19 sehingga menjadikan semua aspek kehidupan menerima dampaknya, salah satunya adalah pendidikan. Banyaknya siswa SMK yang tidak maksimal dalam mengikuti pembelajaran daring sehingga tujuan penelitian ini adalah membuat penelusuran literatur jurnal mengenai pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan merupakan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Hasil dari pengumpulan data Pustaka diperoleh 30 E-Journal dan artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data E-Journal dan artikel diperoleh dari berbagai situs web diantaranya adalah Google Scholar, jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, dan Publish or Perish 8. Analisis dilakukan berdasarkan: 1) Penelitian yang berkaitan dengan Google Classroom, 2) Penelitian Google Classroom yang dilakukan pada jenjang Pendidikan SMK. Hasil yang didapatkan dari kepustakaan E-Journal dan artikel adalah penggunaan Google Classroom pada jenjang Pendidikan SMK efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Google Classroom didukung fitur yang memudahkan guru dalam melakukan pembelajaran dan mengintegrasi penggunaan media interaktif, sehingga hasil belajar siswa dapat langsung dilihat melalui salah satu fitur di Google Classroom sehingga hasil belajar siswa dapat terukur dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.</p> 2022-09-16T22:40:33+00:00 ##submission.copyrightStatement##