https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/issue/feed Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2024-07-08T23:51:21+00:00 L Endah Cahya Ningrum endahningrum@unesa.ac.id Open Journal Systems <p><span style="font-size: 10;"><strong>Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE)</strong> merupakan sebuah jurnal single blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Teknik Elektro. Semua publikasi di jurnal JPTE bersifat <strong>akses terbuka</strong> yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online<strong> tanpa berlangganan</strong>.</span></p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61160 PENGEMBANGAN TRAINER PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) SOLAR CELL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMK MA’ARIF DRIYOREJO 2024-06-27T10:27:48+00:00 Moh Rizki Abdulloh rizki.17050514068@mhs.unesa.ac.id Fendi Achmad fendiachmad@unesa.ac.id Kholis Nur nurkholis@unesa.ac.id Muhamad Syariffuddien Zuhrie zuhrie@unesa.ac.id <p>Dunia pendidikan yang berkembang pesat saat ini dan banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan yang didirikan untuk menjawab tantangan era Industri. Salah satu pengembangan adalah Media Pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan diantara mengetahui kevalidan dari Trainer Penerangan Jalan Umum Solar Cell berserta <em>jobsheet, </em>mengetahui pengaruh trainer dan <em>jobsheet</em> terhadap hasil belajar peserta didik atau Keefektifan Produk sebagai Media Pembelajaran dan Mengetahui hasil Kepraktisan produk Trainer atau Respon dari Peserta didik terhadap Trainer Penerangan Jalan Umum <em>Solar Cell </em>beserta <em>jobsheet.</em> Jenis Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE(<em>Analyze, Design, Develop, Implement</em>, <em>and Evaluate</em>). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang telah disusun dan diterapkan <em>one shot case</em>. Dalam Penelitian ini diterapkan pada peserta didik kelas XI TITL SMK Ma’arif NU Driyorejo. Tahapan yang dilalui ada aspek validasi, aspek keefektifan, dan aspek kepraktisan. Dalam penelitian ini menggunakan Lembar Validasi, soal kognitif serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini diantaranya: (1)hasil kevalidan dari 3 Validator yang mendapatkan rata-rata skor rating kevalidan dengan nilai sebesar 90,51% dan 91,67% dan dinyatakan sangat valid. (2)Hasil efektifitas terhadap hasil belajar mendapatkan rata-rata 85,2 dan memiliki normalitas signifikasi sebesar 0,149. Sehingga dapat dinyatakan sangat efektif. (3)Hasil kepraktisan melihat nilai angket yang diberikan kepada peserta didik dan mendapatkan rata-rata skor rating sebesar 90,90% sehingga dapat dikatakan sangat praktis. Dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan Trainer dan <em>Jobsheet </em>dapat digunakan peserta didik kelas XI TITL di SMK Ma’arif NU Driyorejo.</p> 2024-06-27T10:21:51+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61154 PENGEMBANGAN TRAINER KIT KENDALI SMART RELAY BERBANTU SOFTWARE ZELIOSOFT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA 2024-06-27T10:28:02+00:00 Afif Ma'ruf Nashrulloh afif.20057@mhs.unesa.ac.id Fendi Achmad fendiachmad@unesa.ac.id Tri Rijanto tririjanto@unesa.ac.id Yulia Fransisca yuliafransisca@unesa.ac.id <p>Penelitian ini menghasilkan <em>trainer KIT </em>kendali <em>smart relay</em> yang valid digunakan dengan berbantu <em>software</em> <em>ZelioSoft</em>. Mengetahui validitas <em>trainer KIT </em>kendali <em>smart relay</em> dan <em>Jobsheet</em> yang dikembangkan, mengetahui efektifitas dan peningkatan hasil belajar afektif, psikomotor, dan kognitif peserta didik setelah <em>treatment trainer KIT</em> kendali <em>smart relay </em>serta respon peserta didik terhadap <em>Trainer KIT</em> kendali <em>smart relay</em> berbantu <em>software ZelioSoft</em> SMK Negeri 2 Surabaya.Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa (1) <em>trainer KIT</em> kendali <em>smart relay </em>dan <em>Jobsheet </em>yang dikembangkan berbantu <em>software ZelioSoft</em> memenuhi kriteria sangat valid dengan hasil persentase validasi yang dinilai dosen ahli dan guru ahli sebesar 84%, hasil validasi <em>Jobsheet </em>83%<em>,</em> hasil validasi <em>trainer </em>kendali <em>smart relay </em>85,5%<em>, </em>dan hasil validasi instrumen hasil belajar afektif, psikomotor, dan kognitif <em>pretest-posttest </em>sebesar 85,5%, validasi instrument respon peserta didik sebesar 86,5%. (2) Hasil penelitian <em>trainer KIT </em>kendali <em>smart relay </em>yang dikembangkan berbantu <em>software ZelioSoft </em>menunjukan&nbsp; bahwa efektifitas hasil belajar peserta didik kelas XI TITL 3 sebesar 0.000 sig (p value ≤ 0.05) dan peningkatan hasil belajar rata-rata peserta didik afektif dengan kriteria tinggi n-gain sebesar 0.736 g, hasil belajar psikomotor pada kriteria tinggi n-gain sebesar 0,753 g, dan hasil belajar kognitif dengan kriteria tinggi n-gain sebesar 0,715 g, peningkatan memperoleh rata-rata ketiga ranah hasil belajar peserta didik pada kriteria tinggi n-gain sebesar 0.734 g. (3) Pada hasil respon perserta didik kelas XI TITL 3 untuk <em>trainer KIT </em>kendali <em>smart relay</em> pada kriteria sangat baik dengan presentase 85,7%.</p> 2024-06-27T10:25:27+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61153 PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI SMK NEGERI 1 KEDIRI 2024-06-27T10:28:16+00:00 Mohammad Zunaidi Asfihani mohammad.17050514022@mhs.unesa.ac.id Joko Joko joko@unesa.ac.id Tri Rijanto tririjanto@unesa.ac.id Fendi Achmad fendiachmad@unesa.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah berbasis saintifik saat ini di SMKN 1 Kediri belum berhasil mendorong peserta didik untuk menyusun strategi pembelajarannya sendiri. Tujuan penelitian ini ada tiga: pertama, untuk mengetahui seberapa besar kemandirian belajar peserta didik apabila digunakan model <em>Project Based Learning</em> dengan fokus STEM (<em>Science, Technology, Engineering, and Mathematics</em>); kedua, untuk mengetahui seberapa mandiri belajar peserta didik bila model digunakan dengan fokus saintifik. Terakhir, membandingkan kemandirian pembelajaran peserta didik yang diajarkan model dengan fokus STEM dengan mereka yang diajarkan dengan fokus ilmiah akan mengungkapkan seberapa besar perbedaan kedua pendekatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain <em>nonequivalent control group design</em>. Salah satu manfaat memasukkan pendekatan STEM ke dalam paradigma Pembelajaran Berbasis Proyek adalah peningkatan yang cukup besar dalam kapasitas peserta didik untuk belajar mandiri (skor tes gain yang dinormalisasi = 0,7040, dinilai tinggi). Temuan kedua adalah kemandirian belajar peserta didik meningkat ketika metode saintifik digunakan dengan model <em>Project Based Learning </em>(median hasil uji gain ternormalisasi = 0,5591). Poin ketiga adalah bahwa kedua gaya pengajaran tersebut menghasilkan tingkat otonomi peserta didik yang sangat berbeda di kelas. Skor rata-rata kelompok kontrol adalah 76,29, sedangkan kelompok eksperimen memiliki skor yang jauh lebih tinggi yaitu 86.</p> 2024-06-27T10:27:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61211 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL TRAINING KIT INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA 2024-06-27T11:14:45+00:00 Alfi Khamidatun Nusroh alfikhamidatun.20043@mhs.unesa.ac.id Fendi Achmad fendiachmad@unesa.ac.id Tri Rijanto tririjanto@unesa.ac.id Yulia Fransisca yuliafransisca@unesa.ac.id <p>Peneliti mengembangkan perangkat pelatihan E-modul instalasi penerangan listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan media 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu definisi, desain, pengembangan, dan distribusi. Data yang digunakan adalah 30 siswa&nbsp; kelas XI TITL 3 SMK Negeri 2 Surabaya sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa&nbsp; kelas XI TITL 1 SMK Negeri 2 Surabaya sebagai kelas kontrol. Produk &nbsp;e-modul ini terdiri dari dua aplikasi yaitu untuk guru dan peserta didik, aplikasi guru berfungsi untuk menambahkan materi, kegiatan praktikum, tes, maupu&nbsp; refleksi yang akan otomatis tersinkron dengan aplikasi peserta didik sehingga memudahkan koordinasi antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul training kit instalasi penerangan listrik berbasis <em>android system web view </em>masuk dalam kategori sangat valid dengan vaidasi persentase materi 85,83%, vaidasi persentase media 82,4%, dan vaidasi persentase pembelajaran 81,26%. Selain itu, e-modul kit pelatihan instalasi penerangan listrik berbasis <em>android system web view </em>masuk dalam kategori sangat praktis, dengan 89% dari peserta didik dan 85,63% dari guru masuk. Selain itu, e-modul ini meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hal ini tercermin dari perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.</p> 2024-06-27T11:04:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61937 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE MULTISIM DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA 2024-07-07T13:37:11+00:00 Eka Aditya Priyono eka.18013@mhs.unesa.ac.id Meini Sondang Sumbawati meinisondang@unesa.ac.id Puput Wanarti Rusimamto puputwanarti@unesa.ac.id Rina Harimurti rinaharimurti@unesa.ac.id <p>Mutu pendidikan dapat ditingkatkan dengan memperkenalkan sistem penyediaan bahan ajar yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan di kemudian hari. Media pembelajaran ini menggunakan <em>Software</em> Multisim yang dipadukan dengan model pembelajaran berbasis <em>Problem Based Learning</em> dalam Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika yaitu pada materi <em>Low Pass Filter</em>. Dalam penelitian ini terdapat 3 aspek kualitas yaitu validitas, pengaruh, dan respon siswa. Analisis karakteristik siswa, penetapan model pembelajaran, pemilihan media pembelajaran serta materi yang digunakan akan melibatkan siswa serta guru dalam pengembangan penelitian ini. Terdapat penilaian dan angket merupakan langkah-langkah dalam metode penelitian ini. Modul ajar memperoleh hasil rating sebesar 93,23% sehingga valid, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) mendapat hasil rating sebesar 95,24% sehingga valid, soal tes memperoleh hasil rating sebesar 94,99% sehingga valid dan angket respon mendapat hasil rating sebesar 94,16% sehingga valid. Nilai rata-rata siswa sebelum perlakuan adalah 39,81, dan nilai rata-rata siswa setelah perlakuan adalah 72,57. Menurut hasil angket, respon siswa terhadap media pembelajaran rata-rata sebesar 94,45% dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Distribusi dianggap normal karena berdasarkan uji normalitas mendapatkan skor signifikansi sebesar 0,200 yang kemudian dilanjut dengan uji homogenitas mendapat skor signifikansi sebesar 0,858 dalam artian homogen serta yang terakhir yaitu uji-t mendapatkan skor signifikansi sebesar 0,001 sehingga dapat ditafsirkan bahwa penggunaan media pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Temuan pada penelitian ini mendukung anggapan bahwa media pembelajaran berbasis <em>Software</em> Multisim dan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> dapat diterapkan karena berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa.</p> 2024-07-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61933 PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NU GRESIK 2024-07-07T23:48:45+00:00 Rizky Septian Maulana rizky.20066@mhs.unesa.ac.id Puput Wanarti Rusimamto puputwanarti@unesa.ac.id Subuh Isnur Haryudo subuhisnur@unesa.ac.id Tri Wanarti Rijanto tririjanto@unesa.ac.id <p>Perkembangan teknologi tidak hanya mencakup inovasi-inovasi baru, tetapi juga berkaitan erat dengan evolusi dalam pemikiran dan logika manusia. Di tengah dinamika ini, media pembelajaran seperti Flipbook muncul sebagai salah satu metode yang efektif dalam menyajikan materi pembelajaran mandiri. Flipbook memungkinkan penyusunan materi secara teratur dan memfasilitasi interaksi aktif antara siswa dengan konten pembelajaran. E-modul berbasis flipbook menjadi salah satu bentuk konkrit dari integrasi teknologi dalam pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan <em>Research and Development (R&amp;D),</em> e-modul ini dikembangkan dengan tahapan yang terstruktur untuk memastikan bahwa produk akhirnya memenuhi kebutuhan dan standar yang diharapkan pengguna. Model ADDIE <em>(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)</em> menjadi landasan dalam proses pengembangan e-modul ini, memastikan setiap tahap pengembangan berjalan secara sistematis dan terukur. Validitas e-modul berbasis flipbook diuji dengan hasil yang signifikan, menunjukkan bahwa e-modul ini memperoleh skor validitas rata-rata sebesar 91,7%. Hasil pengujian N-Gain, yang mengukur peningkatan pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul, menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 0,57%. Angka ini berada dalam kategori peningkatan sedang, menunjukkan bahwa e-modul mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Dalam konteks penggunaannya, survei ketercapaian menunjukkan e-modul mata pelajaran TITL pembangkitan tenaga listrik kelas XI dinilai layak dan efektif digunakan oleh siswa dalam proses pendidikan. Hal ini menegaskan bahwa penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya melalui e-modul berbasis flipbook, meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.</p> 2024-07-07T23:48:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61931 PENGEMBANGAN MODUL TRAINER POWER SUPPLY PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MAMBAUL ULUM KEBOMAS GRESIK 2024-07-08T00:42:37+00:00 Muhammad Syafi'i Asy'ari muhammad.17050514034@mhs.unesa.ac.id Meini Sondang Sumbawati meinisondang@unesa.ac.id Nur Kholis nurkholis@unesa.ac.id Fendi Achmad fendiachmad@unesa.ac.id <p>Kegiatan praktikum menjadi unsur penting dalam pendidikan kejuruan agar siswa mampu mengimplementasikan teori ke dalam kegiatan praktik. Penelitian ini merancang sebuah Modul Trainer Power Supply sebagai bahan ajar untuk materi Power Supply pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Modul dirancang dengan tujuan agar proses belajar mengajar berlangsung lebih efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Modul ini dirancang agar bisa digunakan sebagai referensi, panduan praktikum, serta sebagai alat evaluasi pegetahuan siswa. Modul disusun secara sistematis agar memenuhi syarat kelayakan dan kepraktisan sebagai bahan ajar. Untuk menguji kelayakan dan kepraktisan modul, mula-mula peneliti mengamati kendala yang dialami siswa selama kegiatan praktikum. Setelah mempelajari kendala yang dialami siswa, peneliti merancang modul dan diuji coba pada siswa kelas X SMK Mambaul Ulum Kebomas Gresik. Kelayakan modul dinilai oleh tiga orang ahli sebagai validator. Data hasil pengujian modul diambil dari angket respon yang diisi oleh guru dan beberapa siswa serta lembar validasi yang diisi oleh tiga orang ahli sebagai validator. Berdasarkan hasil analisis data dari lembar validasi oleh tiga orang ahli dapat disimpulkan bahwa Modul Trainer Power Supply pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik menunjukkan hasil “valid” dengan persentase 91%. Hal ini menunjukkan bahwa modul layak untuk dijadikan bahan ajar praktikum power supply pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Sedangkan hasil analisis dari angket respon siswa dan guru diperoleh persentase 96%, yang mana menunjukkan bahwa modul memiliki nilai kepraktisan yang sangat baik.</p> 2024-07-08T00:42:36+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61717 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X-TAV DI SMKN 1 SIDOARJO 2024-07-08T01:19:38+00:00 Pristika Ningrum pristikaningrum.20053@mhs.unesa.ac.id Nur Kholis nurkholis@unesa.ac.id Puput Wanarti Rusimamto puputwanarti@unesa.ac.id Rina Harimurti rinaharimurti@unesa.ac.id <p>Hakikatnya, setiap orang di Indonesia berhak atas hak untuk mendapatkan pendidikan dasar. Proses membuat kegiatan yang dapat dipelajari dikenal sebagai pendidikan. Tujuan pendidikan adalah untuk menghasilkan individu yang berkualitas dan berkarakter dengan pengetahuan yang luas sehingga mereka dapat mencapai tujuan dan menyesuaikan diri dengan baik di berbagai lingkungan. Kegiatan utama pengajaran pada persekolahan adalah pembelajaran, yang berguna mengubah perilaku. Psikomotor, afektif, dan kognitif adalah komponen dari perubahan ini. Dibutuhkan partisipasi peserta didik, pembelajaran aktif, serta interaksi interaktif antara guru dan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran ini berhasil. Pemahaman peserta didik tentang ide-ide, penguasaan materi, dan prestasi belajar dapat dipergunakan untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Semakin banyak peserta didik memahami ide-ide dan menguasai materi, semakin baik prestasi mereka. Kesesuaian model dan media pembelajaran juga sangat penting.Pada pembelajaran Dasar Teknik Elektronika yang dilakukan&nbsp; &nbsp;dikelas X-Teknik Audio Video SMKN 1 Sidoarjo, peserta didik merasa kurang mendapatkan implementasi materi dengan baik karena materi yang sifatnya masih konstektual. Selain itu, sumber belajar yang ada juga terbatas hanya dari buku yang jumlahnya tidak merata kepada semua peserta didik. Hal tersebut mengakibatkan minat melakukan aktivitas belajar-mengajar peserta didik menurun, sehingga berpengaruh pada prestasi akademik peserta didik &nbsp;&nbsp;diperlukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pembelajaran melalui media pembelajaran berbasis digital adalah salah satu caranya. Ini dapat dicapai dengan aplikasi yang bisa diakses di HP ataupunpunpun komputer, dan memungkinkan proses belajar yang mudah. Berbagai jenis aplikasi berbasis <em>website</em> yang dipergunakan sebagai sarana pembelajaran salah satunya ialah <em>PhET</em> <em>(Physics Education Technology).</em></p> 2024-07-08T01:19:38+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61720 PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM OP-AMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MANBAUL ULUM KEBOMAS GRESIK 2024-07-08T11:38:04+00:00 Galih Mahardika galih.17050514033@mhs.unesa.ac.id Nur Kholis nurkholis@unesa.ac.id Muhamad Syariffuddien Zuhrie zuhrie@unesa.ac.id Fendi Achmad fendiachmad@unesa.ac.id <p>Latar belakang penelitian ini adalah tidak adanya panduan atau modul sebagai petunjuk kegiatan praktikum dalam“pelajaran“sistem pengendali elektronik”di SMK Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Dengan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan modul praktikum <em>Operational Amplifier</em> yang layak digunakan yang tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan modul praktikum <em>Operational Amplifier</em> dalam penelitian ini ditinjau dari aspek validitas dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model penelitian R&amp;D dengan tahapan <em>Analyze, Design, Development,&nbsp; Implementation and Evaluation</em> serta desain penelitian menggunakan <em>One-Shot Case Study</em>. Tahap pelaksanaan penelitian ini melibatkan 25 responden dari kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi modul untuk aspek kelayakan dan soal ujian hasil belajar untuk aspek keefektifan. Hasil validasi media penelitian pengembangan modul ini mendapatkan total rating sebesar 75,76%, yang berarti pengembangan modul <em>Operational Ampliflier</em> dinyatakan layak digunakan. Keefektifan modul&nbsp; ditinjau dari hasil rata rata nilai siswa didapatkan nilai&nbsp; 82,28 dengan nilai batas minimum adalah 75. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS didapatkan nilai t<sub>hitung </sub>&nbsp;sebesar&nbsp; 8,227 dengan df 24“dan signifikansi”0,000, sehinga dapat diartikan nilai hasil belajar siswa secara signifikansi lebih besar dari batas nilai minimum.&nbsp; Dengan demikian berdasarkan hasil skor validasi dan keefektifan disimpulkan bahwa pengembangan modul praktikum Op-Amp layak untuk digunakan&nbsp; pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik.</p> 2024-07-08T11:38:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61716 PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL DASAR MENGGUNAKAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMKN 3 SURABAYA 2024-07-08T23:51:21+00:00 Prima Renaldy prima.20008@mhs.unesa.ac.id Meini Sondang Sumbawati meinisondang@unesa.ac.id Rina Harimurti rinaharimurti@unesa.ac.id Muhamad Syariffuddien Zuhrie zuhrie.syarif@unesa.ac.id <p>Peneliti untuk merancang media pembelajaran yaitu <em>E-modul</em> Praktikum Teknik Digital Dasar menggunakan <em>Flipbook</em> berbasis <em>Problem Based Learning </em>yang menarik untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik dan Elektronika kelas X Teknik Audio Video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Kevalidan media pembelajaran <em>E-modul</em> Praktikum Teknik Digital Dasar menggunakan <em>Flipbook </em>berbasis <em>Problem Based Learning</em>. (2) Keefektifan peserta didik dengan menggunakann media pembelajara <em>E-modul </em>Praktikum Teknik Digital Dasar Menggunakan <em>Flipbook </em>berbasisi <em>Problem Based Learning</em> terhadap hasil belajar peserta didik. (3) Kepraktisan media pembelajaran E-modul Teknik Digital Dasar menggunakan <em>Flipbook</em> berbasisi Problem Based Learning terhadap hasil respon peserta didik. Serta mengidentifikasi (4) Hubungan yang signifikan antara E-modul Praktikum Teknik Digital Dasar menggunakan <em>Flipbook</em> berbasis <em>Problem Based Learning </em>dengan hasil belajar pada materi hukum aljabar boolean dan gerbang logika. Penelitian ini menggunakan model peneltian ADDIE dengan tahapan dari <em>Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. </em>Subjek penetian ini terdiri dari peserta didik kelas X Teknik Audio Video SMKN 3 Surabaya, dengan jumlah peserta sebanyak 35 siswa. Pada penelitian ini meenggunakan desain <em>One Shot Case Study</em> dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket yakni analisis dan respon, observasi, serta tes kognitif dan tes psikomotorik. Dari penelitian ini dari uji normalitas menunjukkan dari nilai akhir taraf signifikannya nilai <em>Shapiro-Wilk </em>sebesar 0,188. Hasil uji binomial sebagai uji non parametrik alternatif dari respon perserta didik mendapatkan nilai signifikasi yaitu 0,000. Uji Homogenitas diperoleh taraf siginikansi nilai uji <em>Levene</em> yaitu 0,261. Sedangkan pada Uji hipotesis menggunakan korelasi <em>product momen </em>memperoleh taraf signikansi 0,003. Artinya bahwa 0,003&lt;0,05 dapat diartikan bahwa hipotesis diterima.</p> 2024-07-08T23:51:21+00:00 ##submission.copyrightStatement##