Jurnal Pendidikan Teknik Elektro https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro <p><span style="font-size: 10;"><strong>Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE)</strong> merupakan sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Teknik Elektro. Semua publikasi di jurnal JPTE bersifat <strong>akses terbuka</strong> yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online<strong> tanpa berlangganan</strong>.</span></p> en-US endahningrum@unesa.ac.id (L Endah Cahya Ningrum) endahningrum@unesa.ac.id (L Endah Cahya Ningrum) Thu, 31 Aug 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CAR AUDIO SYSTEM TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XII TKRO DI SMK YKP MAGETAN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/52017 <p>Seiring perkembangan teknologi maka perlu meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan bahan ajar yang terintegrasi dengan kebaharuan teknologi. Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan modul <em>car audio system</em> terintegrasi <em>Augmented Reality, </em>(2) mengetahui tingkat validitas modul <em>Car Audio System </em>terintegrasi <em>Augemented Reality</em> di SMK YKP Magetan, (3) Mengetahui tingkat kepraktisan modul <em>Car Audio System </em>terintegrasi <em>Augemented Reality</em> di SMK YKP Magetan ditinjau dari respon peserta didik, dan (4) mengetahui tingkat keefektifan modul pembelajaran <em>Car Audio System </em>terintegrasi <em>Augemented Reality</em> di SMK YKP Magetan ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dapat menghasilkan modul <em>car audio system </em>terintegrasi <em>augmented reality</em>. Hasil validasi modul oleh 3 validator memperoleh hasil 89% untuk kategori sangat baik, validitas butir soal mencapai 91% untuk kategori sangat valid, validitas angket respon mencapai 88% untuk kategori sangat valid. Pada aspek praktikalitas diperoleh rating sebesar 87% berdasarkan respon peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Analisis data pada aspek efektifitas dianalisis menggunakan SPSS v. 26 dengan hasil uji normalitas mencapai 0,002 untuk <em>pretest </em>dan 0,037 untuk <em>posttest </em>sehingga dapat disimpulkan data terdistribusi tidak normal. Kemudian analisis statistik non parametrik <em>Wilcoxon Signed Rank Test </em>mendapatkan nilai Asymp. Sebesar 0,000 dan terpenuhi kriteria penerimaan H<sub>1 </sub>sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap modul.&nbsp; Sedangkan skor yang diperoleh berdasarkan nilai N-gain sebesar 64,58%.</p> Mohammad Iyo Agus Setyono, Nurhayati Nurhayati, Edy Sulistiyo, Puput Wanarti Rusimamto ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/52017 Tue, 16 May 2023 10:17:37 +0000