Jurnal Pendidikan Teknik Elektro https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro <p><span style="font-size: 10;"><strong>Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE)</strong> merupakan sebuah jurnal single blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Teknik Elektro. Semua publikasi di jurnal JPTE bersifat <strong>akses terbuka</strong> yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online<strong> tanpa berlangganan</strong>.</span></p> en-US endahningrum@unesa.ac.id (L Endah Cahya Ningrum) endahningrum@unesa.ac.id (L Endah Cahya Ningrum) Wed, 26 Jun 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN TRAINER PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) SOLAR CELL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMK MA’ARIF DRIYOREJO https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61160 <p>Dunia pendidikan yang berkembang pesat saat ini dan banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan yang didirikan untuk menjawab tantangan era Industri. Salah satu pengembangan adalah Media Pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan diantara mengetahui kevalidan dari Trainer Penerangan Jalan Umum Solar Cell berserta <em>jobsheet, </em>mengetahui pengaruh trainer dan <em>jobsheet</em> terhadap hasil belajar peserta didik atau Keefektifan Produk sebagai Media Pembelajaran dan Mengetahui hasil Kepraktisan produk Trainer atau Respon dari Peserta didik terhadap Trainer Penerangan Jalan Umum <em>Solar Cell </em>beserta <em>jobsheet.</em> Jenis Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE(<em>Analyze, Design, Develop, Implement</em>, <em>and Evaluate</em>). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang telah disusun dan diterapkan <em>one shot case</em>. Dalam Penelitian ini diterapkan pada peserta didik kelas XI TITL SMK Ma’arif NU Driyorejo. Tahapan yang dilalui ada aspek validasi, aspek keefektifan, dan aspek kepraktisan. Dalam penelitian ini menggunakan Lembar Validasi, soal kognitif serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini diantaranya: (1)hasil kevalidan dari 3 Validator yang mendapatkan rata-rata skor rating kevalidan dengan nilai sebesar 90,51% dan 91,67% dan dinyatakan sangat valid. (2)Hasil efektifitas terhadap hasil belajar mendapatkan rata-rata 85,2 dan memiliki normalitas signifikasi sebesar 0,149. Sehingga dapat dinyatakan sangat efektif. (3)Hasil kepraktisan melihat nilai angket yang diberikan kepada peserta didik dan mendapatkan rata-rata skor rating sebesar 90,90% sehingga dapat dikatakan sangat praktis. Dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan Trainer dan <em>Jobsheet </em>dapat digunakan peserta didik kelas XI TITL di SMK Ma’arif NU Driyorejo.</p> Moh Rizki Abdulloh, Fendi Achmad, Kholis Nur, Muhamad Syariffuddien Zuhrie ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61160 Thu, 27 Jun 2024 10:21:51 +0000 PENGEMBANGAN TRAINER KIT KENDALI SMART RELAY BERBANTU SOFTWARE ZELIOSOFT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61154 <p>Penelitian ini menghasilkan <em>trainer KIT </em>kendali <em>smart relay</em> yang valid digunakan dengan berbantu <em>software</em> <em>ZelioSoft</em>. Mengetahui validitas <em>trainer KIT </em>kendali <em>smart relay</em> dan <em>Jobsheet</em> yang dikembangkan, mengetahui efektifitas dan peningkatan hasil belajar afektif, psikomotor, dan kognitif peserta didik setelah <em>treatment trainer KIT</em> kendali <em>smart relay </em>serta respon peserta didik terhadap <em>Trainer KIT</em> kendali <em>smart relay</em> berbantu <em>software ZelioSoft</em> SMK Negeri 2 Surabaya.Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa (1) <em>trainer KIT</em> kendali <em>smart relay </em>dan <em>Jobsheet </em>yang dikembangkan berbantu <em>software ZelioSoft</em> memenuhi kriteria sangat valid dengan hasil persentase validasi yang dinilai dosen ahli dan guru ahli sebesar 84%, hasil validasi <em>Jobsheet </em>83%<em>,</em> hasil validasi <em>trainer </em>kendali <em>smart relay </em>85,5%<em>, </em>dan hasil validasi instrumen hasil belajar afektif, psikomotor, dan kognitif <em>pretest-posttest </em>sebesar 85,5%, validasi instrument respon peserta didik sebesar 86,5%. (2) Hasil penelitian <em>trainer KIT </em>kendali <em>smart relay </em>yang dikembangkan berbantu <em>software ZelioSoft </em>menunjukan&nbsp; bahwa efektifitas hasil belajar peserta didik kelas XI TITL 3 sebesar 0.000 sig (p value ≤ 0.05) dan peningkatan hasil belajar rata-rata peserta didik afektif dengan kriteria tinggi n-gain sebesar 0.736 g, hasil belajar psikomotor pada kriteria tinggi n-gain sebesar 0,753 g, dan hasil belajar kognitif dengan kriteria tinggi n-gain sebesar 0,715 g, peningkatan memperoleh rata-rata ketiga ranah hasil belajar peserta didik pada kriteria tinggi n-gain sebesar 0.734 g. (3) Pada hasil respon perserta didik kelas XI TITL 3 untuk <em>trainer KIT </em>kendali <em>smart relay</em> pada kriteria sangat baik dengan presentase 85,7%.</p> Afif Ma'ruf Nashrulloh, Fendi Achmad, Tri Rijanto, Yulia Fransisca ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61154 Thu, 27 Jun 2024 10:25:27 +0000 PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI SMK NEGERI 1 KEDIRI https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61153 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah berbasis saintifik saat ini di SMKN 1 Kediri belum berhasil mendorong peserta didik untuk menyusun strategi pembelajarannya sendiri. Tujuan penelitian ini ada tiga: pertama, untuk mengetahui seberapa besar kemandirian belajar peserta didik apabila digunakan model <em>Project Based Learning</em> dengan fokus STEM (<em>Science, Technology, Engineering, and Mathematics</em>); kedua, untuk mengetahui seberapa mandiri belajar peserta didik bila model digunakan dengan fokus saintifik. Terakhir, membandingkan kemandirian pembelajaran peserta didik yang diajarkan model dengan fokus STEM dengan mereka yang diajarkan dengan fokus ilmiah akan mengungkapkan seberapa besar perbedaan kedua pendekatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain <em>nonequivalent control group design</em>. Salah satu manfaat memasukkan pendekatan STEM ke dalam paradigma Pembelajaran Berbasis Proyek adalah peningkatan yang cukup besar dalam kapasitas peserta didik untuk belajar mandiri (skor tes gain yang dinormalisasi = 0,7040, dinilai tinggi). Temuan kedua adalah kemandirian belajar peserta didik meningkat ketika metode saintifik digunakan dengan model <em>Project Based Learning </em>(median hasil uji gain ternormalisasi = 0,5591). Poin ketiga adalah bahwa kedua gaya pengajaran tersebut menghasilkan tingkat otonomi peserta didik yang sangat berbeda di kelas. Skor rata-rata kelompok kontrol adalah 76,29, sedangkan kelompok eksperimen memiliki skor yang jauh lebih tinggi yaitu 86.</p> Mohammad Zunaidi Asfihani, Joko Joko, Tri Rijanto, Fendi Achmad ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61153 Thu, 27 Jun 2024 10:27:02 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL TRAINING KIT INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61211 <p>Peneliti mengembangkan perangkat pelatihan E-modul instalasi penerangan listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan media 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu definisi, desain, pengembangan, dan distribusi. Data yang digunakan adalah 30 siswa&nbsp; kelas XI TITL 3 SMK Negeri 2 Surabaya sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa&nbsp; kelas XI TITL 1 SMK Negeri 2 Surabaya sebagai kelas kontrol. Produk &nbsp;e-modul ini terdiri dari dua aplikasi yaitu untuk guru dan peserta didik, aplikasi guru berfungsi untuk menambahkan materi, kegiatan praktikum, tes, maupu&nbsp; refleksi yang akan otomatis tersinkron dengan aplikasi peserta didik sehingga memudahkan koordinasi antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul training kit instalasi penerangan listrik berbasis <em>android system web view </em>masuk dalam kategori sangat valid dengan vaidasi persentase materi 85,83%, vaidasi persentase media 82,4%, dan vaidasi persentase pembelajaran 81,26%. Selain itu, e-modul kit pelatihan instalasi penerangan listrik berbasis <em>android system web view </em>masuk dalam kategori sangat praktis, dengan 89% dari peserta didik dan 85,63% dari guru masuk. Selain itu, e-modul ini meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hal ini tercermin dari perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.</p> Alfi Khamidatun Nusroh, Fendi Achmad, Tri Rijanto, Yulia Fransisca ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/61211 Thu, 27 Jun 2024 11:04:40 +0000