PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA KOMPETENSI MENGGERINDA PAHAT SISWA KELAS XI TPM 3 DI SMK ANTARTIKA 1 SIDOARJO

  • REZAQI ADENAN

Abstract

Abstrak

Banyak cara dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas belajar siswa, diantaranya menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode demonstrasi. Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi menggerinda pahat. Fenomena yang terjadi di SMK Antartika 1 Sidoarjo jurusan teknik pemesinan dalam pembelajaran praktik masih menggunakan pembelajaran konvensional.

Penelitian ini menggunakan konsep penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Antartika 1 Sidoarjo kelas  XI TPM 3. Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan minat belajar siswa pada kompetensi menggerinda pahat. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan jobsheet, sedangkan untuk mengetahui minat belajar siswa menggunakan angket, di dalam angket terdapat 15 butir pertanyaan.

Hasil analisis yang didapat setelah proses pengambilan data bahwa siklus 1 nilai rata- rata kelas sebesar 81,5 dalam kategori tinggi, sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 87 %.  Untuk siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 89,6 kategori tinggi, sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 97%. Untuk hasil skor angket minat belajar siswa sebesar 83% dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada kompetensi menggerinda pahat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat menerima metode demonstrasi dengan baik.

Kata Kunci : Metode pembelajaran demonstrasi, hasil belajar dan PTK

Published
2015-01-13
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 31