PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI TKR 3 DI SMKN 3 SURABAYA

  • ANDI FIRMANSYAH

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui respon minat siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) pada materi memperbaiki sistem rem. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) memungkinkan terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif sehingga kualitas pembelajaran meningkat, baik ditinjau dari ketuntasan hasil belajar siswa dan respon minat siswa. Siswa yang dijadikan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 3 semester ganjil yang terdiri dari 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus setiap siklus mempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar tes hasil belajar dan angket respon minat siswa. Seorang siswa dapat dinyatakan telah tuntas belajar bila telah mencapai skor ≥ 75%. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila dikelas terdapat ≥ 75% dari siswa yang tuntas belajar individu. Dari hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 70% pada siklus I dan 90% pada siklus II, sehingga dikatakan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 53,5% dikategorikan cukup pada siklus I dan 81,8% dikategorikan sangat baik pada siklus II, sehingga dikatakan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD cukup berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar , dan Respon Siswa.

Published
2015-01-21
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 157