PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PORTABLE DIGI-PRINT ANALYZER DAN PORTABLE DIAGNOSTIC SCOPE UNTUK MENUNJANG PRAKTIK MOTOR BENSIN DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT UNESA

  • ILHAM NASRULLAH

Abstract

Abstrak
Salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah mata kuliah praktik motor bensin. Mahasiswa harus menguasai kompetensi dasar bongkar pasang mesin, mengetahui cara kerja setiap komponen, dan teknik pengukuran (penggunaan dan pembacaan alat ukur). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran Portable Digi-print Analyzer dan Portable Diagnostic Scope pada mata kuliah Praktik Motor Bensin di Jurusan Teknik Mesin. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi S-1 Pendidikan Teknik Mesin Otomotif FT UNESA yang memprogram mata kuliah Praktik Motor Bensin pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Penelitian menggunakan model pengembangan Hannafin dan Pech yang terdiri dari 3 fase, yaitu: (1) fase analisis kebutuhan, (2) fase desain, (3) fase pengembangan/implementasi . Instrumen penelitian berupa lembar validasi modul, lembar angket respon dosen dan mahasiswa yang dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Setelah modul divalidasi dilakukan uji coba tahap 1 dan 2 pada kegiatan praktikum motor bensin sebanyak 23 mahasiswa. Hasil dari penelitian yaitu modul pembelajaran selesai dibuat dengan validasi dari tiga dosen ahli teknik, tiga dosen ahli bahasa, dan tiga dosen ahli desain dengan mendapat nilai 4,26 dengan kategori valid. Sedangkan hasil angket respon dosen terhadap modul pembelajaran Portable Digi-print Analyzer dan Portable Diagnostic Scope mendapat respon sebesar 84,28% dan untuk respon mahasiswa dari uji coba tahap 1 dan 2 rata-rata sebesar 83,92% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Modul pembelajaran, portable digi-print analyzer dan portable diagnostic scope, praktik motor bensin, validasi modul, dan angket respon.

Published
2015-02-05
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 26