PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (CAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • PRADANA INDRA FAHRIZAL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan sebuah modul yang layak digunakan pada  program keahlian menggambar dengan komputer (CAD) sebagai upaya dalam menyajikan materi ajar yang memudahkan peserta  didik untuk mempelajarinya.

Jenis penelitian ini terfokus pada penelitian pengembangan di bidang pendidikan. Prosedur  penelitian   ini   mengadopsi   model   pengembangan  pembelajaran   yaitu   Four-D. Pengajaran Pengembangan Four-D memiliki 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design) tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate).  Pada   penelitian  ini  hanya   sebatas  uji  coba  kelayakan  modul   terhadap  hasil belajar  dengan subjek penelitian adalah siswa XI di SMKN 3 Jombang. Terdapat empat isi pembelajaran dalam modul   yaitu   proses   penggambaran   part,   menggabungkan   part   dalam  assembly  menampilkan gambar sheet drawing dan menampilkan assembly dalam bentuk presentation. Selain itu yang bertindak sebagai validator yaitu 2 orang ahli bahasa, 2 orang ahli desain   dan   2   dosen/pengajar  program   keahlian  menggambar   dengan   komputer.   Instrumen penelitian menggunakan lembar angket validasi dosen ahli dan kompetensi keahlian menggambar, angket respon siswa dan respon guru terhadap penggunaan modul serta tes hasil belajar pada program keahlian menggambar dengan komputer (CAD).

Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa modul pembelajaran CAD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran program keahlian menggambar dengan komputer. Dari hasil validasi   modul   secara   keseluruhan  oleh   ahli   bahasa,   ahli   desain   dan   ahli   isi   memperoleh prosentase   rata-rata  80%  kemudian   diinterpretasikan   pada   skala   likert,  sehingga   nilai   tersebut termasuk dalam kriteria layak.  Selain itu, hasil kelayakan modul juga didukung dari hasil uji coba terbatas, angket respon  siswa dan guru. Tingkat ketuntasan belajar klasikal pada uji coba terbatas untuk ranah kognitif  mencapai 80% dan ranah psikomotor 88% sedangkan pada uji coba terbatas kentutasan klasikal mengalami peningkatan untuk ranah kognitif dan ranah psikomotor mencapai 100%.  Respon   sangat   baik   dari   siswa   terhadap   penggunaan   modul   pembelajaran  CAD memperoleh prosentase sebesar 91,33% sedangkan untuk respon guru juga memperoleh respon yang sangat baik yaitu sebesar 85%.

Kata kunci: Pengembangan Modul, CAD, Hasil Belajar

Published
2016-01-26
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 115