PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (CAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 3 JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan sebuah modul yang layak digunakan pada program keahlian menggambar dengan komputer (CAD) sebagai upaya dalam menyajikan materi ajar yang memudahkan peserta didik untuk mempelajarinya.
Jenis penelitian ini terfokus pada penelitian pengembangan di bidang pendidikan. Prosedur penelitian ini mengadopsi model pengembangan pembelajaran yaitu Four-D. Pengajaran Pengembangan Four-D memiliki 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design) tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Pada penelitian ini hanya sebatas uji coba kelayakan modul terhadap hasil belajar dengan subjek penelitian adalah siswa XI di SMKN 3 Jombang. Terdapat empat isi pembelajaran dalam modul yaitu proses penggambaran part, menggabungkan part dalam assembly menampilkan gambar sheet drawing dan menampilkan assembly dalam bentuk presentation. Selain itu yang bertindak sebagai validator yaitu 2 orang ahli bahasa, 2 orang ahli desain dan 2 dosen/pengajar program keahlian menggambar dengan komputer. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket validasi dosen ahli dan kompetensi keahlian menggambar, angket respon siswa dan respon guru terhadap penggunaan modul serta tes hasil belajar pada program keahlian menggambar dengan komputer (CAD).
Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa modul pembelajaran CAD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran program keahlian menggambar dengan komputer. Dari hasil validasi modul secara keseluruhan oleh ahli bahasa, ahli desain dan ahli isi memperoleh prosentase rata-rata 80% kemudian diinterpretasikan pada skala likert, sehingga nilai tersebut termasuk dalam kriteria layak. Selain itu, hasil kelayakan modul juga didukung dari hasil uji coba terbatas, angket respon siswa dan guru. Tingkat ketuntasan belajar klasikal pada uji coba terbatas untuk ranah kognitif mencapai 80% dan ranah psikomotor 88% sedangkan pada uji coba terbatas kentutasan klasikal mengalami peningkatan untuk ranah kognitif dan ranah psikomotor mencapai 100%. Respon sangat baik dari siswa terhadap penggunaan modul pembelajaran CAD memperoleh prosentase sebesar 91,33% sedangkan untuk respon guru juga memperoleh respon yang sangat baik yaitu sebesar 85%.
Kata kunci: Pengembangan Modul, CAD, Hasil Belajar
PDF Downloads: 115