PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF KELAS X TSM SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • BAGUS DANAR ARISTA

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan penulis, bahwa guru menggunakan model pembelajaran konvensional dalam menyampaikan materi sehingga pembelajaran bersifat satu arah. Siswa bersifat pasif, merasa lelah dan bosan karena peran guru yang lebih dominan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, respon siswa, dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan menggunakan desain “one-group pretest-posttest design”. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TSM 1 SMK Negeri 1 Nganjuk. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: lembar observasi, soal pre-test dan post-test, dan lembar angket. Analisis data dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script. Berdasarkan hasil penelitian, hasil Pre-test adalah 8,30% dan meningkat menjadi 88,88% dari hasil Post-test. Kenaikan hasil berlajar dari Pre-test ke Post-test dikarenakan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dilaksanakan dengan baik dan lancar. Aktivitas siswa dari hasil observasi menunjukkan persentase sebesar 76,60% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 87,40% pada pertemuan 2. Peningkatan aktivitas siswa terjadi karena dalam kegiatan belajar mengajar siswa dituntut untuk aktif dalam bekerja kelompok dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain. Model pembelajaran Cooperative Script mendapat respon sangat tinggi dari siswa, hal ini ditunjukkan dengan persentase sebesar 82,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif secara signifikan.

Kata Kunci: aktifitas siswa, respon siswa dan prestasi siswa.

Published
2016-07-19
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 49