PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PEER LESSONS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA KOMPONEN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • DHITA MARDIYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran aktif dengan metode peer lessons dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ceramah. (2) Mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran aktif dengan metode peer lessons. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Madiun. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan kelas XI TKR-1 sebagai kelas eksperimen dan XI TKR-3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil penelitian uji preetest pada kelas eksperimen sebesar 54, pada kelas kontrol sebesar 51,833. Dengan rekapitulasi hasil uji-t thitung(1,153) < ttabel(1,68) dengan demikian tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil uji posttest pada kelas eksperimen sebesar 81,166 dan pada kelas kontrol sebesar 68,166. Dengan rekapitulasi hasil uji-t  thitung (5,968) >  ttabel(1,68) dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Hasil respon siswa terhadap keseluruhan aspek pada lembar angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif dengan metode peer lessons dengan rata-rata hasil rating 84 % dengan kategori sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran aktif dengan metode peer lessons layak digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 1 Madiun.   

Kata kunci : Pembelajaran aktif, peer lessons, ceramah, hasil belajar siswa.

Published
2016-07-21
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 26