JPTM. Volume 05 Nomot 01 Tahun 2016, 104-107 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  PADA MATA DIKLAT SISTEM REM KELAS XI TSM SMK SIANG SURABAYA

  • PUTRA SUNU BASKORO

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti dengan proses pembelajaran khususnya proses penilaian yang dilakukan di sekolah yang menjadi tempat penelitian. Secara umum pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada pendidik dan penilaian yang dilakukan masih konvensional. Bentuk penilaian yang dilakukan belum bisa mengakomodasi seluruh hasil belajar peserta didik, artinya penilaian masih tertumpu pada satu aspek kompetensi keterampilan saja, sehingga cenderung mengabaikan aspek kompetensi sikap dan kompetensi pengetahuan. Permasalahan lainnya adalah sikap dan perilaku sebagain peserta didik yang menyimpang dan tidak semestinya dilakukan sebagai seorang pelajar sering terlihat, dibuktikan dengan masih banyaknya peserta didik yang mencontek, tidak sopan dan berkelahi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model penilaian yang bisa mengukur, memonitor dan menilai semua domain hasil belajar (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) serta mampu meminimalisir perilaku menyimpang yang dilakukan oleh pelajar.Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan winkel, yang dilaksanakan di kelas XI TSM SMK SIANG SURABAYA tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 peserta didik. Variabel variabel yang ditentukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik, perilaku berkarakter peserta didik, aktivitas peserta didik, aktivitas pendidik, respon peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen portofolio, observasi dan angket yang diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa  pada siklus I  mendapatkan presentase 52,55% tergolong cukup baik terlihat dari siswa masih mencontek saat mengerjakan tugas, pada siklus II mendapatkan presentase 76,5% tergolong baik terlihat dari siswa mengumpulkan tugas tepat waktu dan membantu kelompok dalam diskusi. Hasil belajar siswa menunjukan siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 17 siswa (55%), siklus II siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (82,14%).

Kata kunci: pembelajaran langsung,karakter siswa,hasil belajar.

Published
2016-07-28
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 13