PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CNC II UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • singgih Prabowo
  • Aisyah Endah Palupi

Keywords:

efektivitas, pengembangan modul, CNC II, validasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul yang layak digunakan pada pembelajaran
CNC II di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan mengadopsi
pada model pengembangan 4D (Four-D Model) yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefinisian
(define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Sedangkan tahap penyebaran
(disseminate) tidak dilakukan karena penelitian ini hanya sebatas uji kelayakan dan efektivitas media
pembelajaran berupa modul.
Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai responden adalah 3 orang ahli modul, 3 dosen/pengajar
kompetensi keahlian mesin CNC di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan 18 mahasiswa Program Studi
D3 Teknik Mesin Produksi Angkatan 2010 tahun ajaran 2012/2013 Fakultas Teknik Universitas Negeri
Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar angket dan
lembar observasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas modul
pembelajaran CNC II yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan bahwa modul pembelajaran CNC II yang dikembangkan layak
digunakan dalam pembelajaran mata kuliah CNC II. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi modul oleh
dosen ahli modul sebesar 85,77 %, ahli CNC sebesar 94,870.% dari skor kriterium, dan apabila persentase
tersebut diinterpretasikan pada Skala Likert, masuk dalam kriteria sangat layak.
Modul pembelajaran CNC II yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria efektivitas media
pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan persentase respon positif mahasiswa terhadap modul sebesar
95,09 % dari skor kriterium, serta terdapat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa yang dinyatakan
dalam persentase sebesar 83,53.% dan sebesar 91,47% serta peningkatan hasil belajar mahasiswa tanpa
menggunakan modul memperoleh nilai sebesar 69,41 dan setelah menggunakan modul meningkat
menjadi 80,15.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-05-21

Issue

Section

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 303