PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEKNIK MERANCANG SUB POKOK BAHASAN TRANSMISI (PULLEY, SPROCKET, DAN KOPLING) BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI

  • VALANTINO MARDHANIS SAIYA
  • AGUNG PRIJO BUDIJONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab kesulitan dosen mengembangkan pemahaman mahasiswa terhadap Mata Kuliah Teknik Merancang khususnya pada pokok bahasan perancangan sistem transmisi masih banyak mahasiswa yang mendapatkan nilai dibawah SKM. Di dalam pokok bahasan ini terdiri dari: 1) pengertian dan karakteristik berbagai jenis transmisi 2) pertimbangan untuk memilih jenis transmisi dan tahapan perancangan, 3) tahapan perhitungan komponen transmisi, 4) pemilihan komponen transmisi pada katalog berdasarkan hasil hitungan. Selama ini mahasiswa kesulitan mengembangkan aspek kognitif dan psikomotor pada materi ini khususnya tentang transmisi pulley, sprocket, dan kopling, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pengembangan modul ajar yang menarik dan bisa membantu mahasiswa untuk mengembangkan aspek kognitifnya dengan judul, “Pengembangan Modul Ajar Mahasiswa Sub Pokok Bahasan Transmisi (Pulley, Sprocket, dan Kopling) Berbantuan Teknologi Informasi”. Penelitian ini menggunaan model pengembangan 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) penetapan (Define), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Develop), (4) penyebaran (Disseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis ujung depan, analisis mahasiswa, analisis konsep, analisis tugas dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan awal (desain awal). Pada tahap pengembangan terdiri dari validasi modul oleh dosen ahli, angket respon mahasiswa dan soal pretest postest untuk mahasiswa. Sedangkan untuk tahap penyebaran tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu penilitian. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) persentase penilaian validasi modul sebesar 88% dengan kategori sangat baik; (2) mahasiswa menunjukan respon positif terhadap modul yang ditunjukkan dengan 89% mahasiswa memberikan respon yang baik dan tertarik menggunakan modul transmisi; (3) hasil belajar dari mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 53% dengan daya serap tinggi sebesar 90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam perkuliahan Teknik Merancang pokok bahasan transmisi.

Kata kunci: modul ajar transmisi, 4D ( four D model), hasil belajar

Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 43