ANALISA SISTEM PENGEREMAN MOBIL LISTRIK GARNESA BERBASIS SIMULASI NUMERIK

  • FAQIHUDDIN RAHMATULLOH
  • AGUNG PRIJO BUDIJONO

Abstract

Kontes Mobil Hemat Energi merupakan sebuah perlombaan tentang perancangan dan pembuatan mobil hemat energi yang ramah lingkungan. Perlombaan ini bertujuan untuk menjawab tantangan zaman yang merujuk pada solusi permasalahan keterbatasan dan menipisnya bahan bakar fosil. Mobil Garnesa merupakan mobil rancangan mahasiswa teknik mesin unesa yang diikutkan dalam perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi yang diselenggarakan oleh Kementrian Ristek Dikti yang bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada. Pada Kontes Mobil Hemat Energi ini Mobil Garnesa masuk pada kategori urban dimana kendaraan harus menyerupai kendaraan roda 4 pada umumnya. Pada kategori ini sistem pengereman merupakan salah satu komponen yang diuji untuk syarat diijinkannya kedaraan memasuki lintasan. Sistem pengereman harus menggunakan rem hidrolik 4 disc yang bekerja dengan pola X. sistem pengereman ini harus mampu menahan kendaraan agar tidak bergerak pada kemiringan 12o dan harus bisa menghentikan kendaraan pada jarak kurang dari 5 meter pada kecepatan 40km/jam sesuai peraturan yang ditetapkan panitia. Fokus dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk pemodelan dinamik dan analisa sistem pengereman mobil GARNESA mengunakan pemodelan simulink MATLAB. Mengetahui hasil pengereman kendaraan berbasis kekuatan injakan pedal rem yang berbeda terhadap “Piston Rod Displacement” master silinder. Dan mengetahui hasil pengereman kendaraan dengan kecepatan maksimal kendaraan dan kekuatan injakan pedal rem yang berbeda terhadap “Stopping Distance” kendaraan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan pemodelan MATLAB besar gaya injakan pedal rem memperngaruhi jarak tempuh Piston Master Silinder. Semakin besar gaya injakan semakin jauh pergerakan piston master silinder dan pergerakannya cenderung konstan. Stoping Distance mobil GARNESA dengan basis kekuatan ijakan 20 kgf dengan waktu 2,5 s pada kecepatan 40km/jam adalah 18,85m. sedangkan pada kecepatan 38km/jam dengan basis kekuatan injakan pedal rem yang sama adalah 16,68m. Pada kekuatan injakan 25 kgf dengan waktu 2,5s kecepatan 40km/jam adalah 16,68 m, dan pada kecepatan 38km/jam dengan kekuatan injakan dan waktu yang sama diperoleh jarak pengereman 14,50 m. Stopping Distance untuk kekuatan injakan pedal rem 30 kgf dengan waktu 2,5s dan kecepatan 40km/jam adalah 14,50 m dan pada kecepatan 38km/jam adalah 12,33 m. Stopping distance sangat dipengaruhi oleh keukatan injakan pedal rem. Semakin besar kekuatan injakan yang diberikan, maka semakin pendek Stopping Distance yang didapatkan.

Kata kunci: KMHE, pengereman, Simulink MATLAB, Stoping Distance.
Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 230
PDF Downloads: 167