ANALISA MANAJEMEN ENERGI MOBIL LISTRIK GARNESA BERBASIS PEMODELAN SIMULASI NUMERIK

  • BIDYA NUR HABIB
  • AGUNG PRIJO BUDIJONO

Abstract

Merancang mobil listrik untuk berkompetisi pada KMHE harus berpedoman pada regulasi teknis KMHE dan konstruksi stabilitas kendaraan. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan ketika merancang kendaraan adalah Sistem Mekanis Roda (Rotational Mechanical System). Sistem ini meliputi, roda, transmisi (gear connection / roda gigi), rotor motor listrik dan poros.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh manajemen energi kendaraan terhadap strategi berkendara pengemudi selama kompetisi KMHE berlangsung. Hal ini berbasis pemodelan Sistem Mekanis Roda, Analisa Sistem Dinamik dan Free Body Diagramnya.

Metode yang digunakan adalah berbasis Pemodelan Simulasi Numerik menggunakan software MATLAB. Parameter data yang digunakan adalah berdasarkan variabel bebas dan variabel kontrol penelitian. Variabel bebas penelitian ini adalah kecepatan sudut (VĪ‰), kecepatan linear (v) kendaraan, nilai koefisien gesek (B), kekakuan poros (K), diameter roda, diameter roda gigi, massa roda dan momen inersia roda. Variabel kontrol adalah Regulasi Teknis Mobil Urban Concept KMHE. Uji Simulasi Numerik ini untuk mengetahui daya listrik yang dibutuhkan, waktu tempuh dan jarak tempuh kendaraan.

Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan energi listrik mobil GARNESA dengan pemilihan kecepatan rata – rata 9,42 m/s berbasis kecepatan maksimal 10,15 m/s dan kecepatan minimal 8,70 m/s memerlukan daya listrik sebesar 248,15 Watt. Waktu tempuh sebesar 180 detik dalam satu putaran lintasan. Jarak tempuh yang dihasilkan sebesar 1357 m. Strategi berkendara pengemudi berbasis kecepatan rata – rata 9,42 m/s mengkonsumsi daya lebih hemat dan jarak tempuh yang didapatkan lebih jauh.

Kata Kunci : Manajemen Energi, KMHE, Simulasi Numerik, Free Body Diagram (FBD)

Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 125