KINERJA SEPEDA MOTOR MENGKONSUMSI BAHAN BAKAR CAMPURAN ANTARA PREMIUM DAN BIOETHANOL DARI LIMBAH BREM

  • Candra Setiawan
  • I WAYAN SUSILA

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi berdampak buruk pada lingkungan karena menghasilkan emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin. Disisi lain ketersediaan bahan bakar fosil yang terus menurun tidak bisa mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengatasi permasalaan tersebut diperlukan bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil salah satunya bioethanol. Bioethanol (C2H5OH) adalah cairan biokimia dari proses fermentasi gula dari sumber karbohidrat menggunakan bantuan micro organism yang biasa digunakan sebagai bahan bakar tambahan premium. Objek dalam penelitian ini adalah kendaraan Honda Revo 2016 dengan kapasitas mesin 110cc. Metode pengujian performa mesin menggunakan metode full open throttle valve berdasarkan standart pengujian SAE J1349. Bahan bakar yang digunakan premium murni (A0) dan premium campuran bioethanol dari limbah brem dengan komposisi campuran E5 (95% premium + 5% bioethanol), E10 (90% premium + 10% bioethanol), E15 (85% premium + 15% bioethanol), E20 (80% premium + 20% bioethanol). Kinerja mesin yang di amati adalah Torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik. Peralatan dan instrument penelitian yang digunakan adalah chasis dynamometer, fuel meter, stopwatch dan gelas ukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja mesin optimal di peroleh menggunakan bahan bakar E10 yaitu torsi maksimum sebesar 0,92 Kgf.m pada putaran 6500 rpm. Sedangkan daya efektif maksimum sebesar 9,16 PS, pada putaran 7500 rpm. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa tekanan efektif rata-rata maksimum yang di hasilkan sebesar 10,717 kg/cm2 pada putaran 7500 rpm. Konsumsi Bahan Bakar Spesifik maximum 0,049 ml/ps.jam.

Kata Kunci: Kinerja mesin, campuran antara premium dan bioethanol dari limbah brem

Abstract

The development of science and technology that occurred have a negative impact on the environment because it produces exhaust emissions produced by the engine. On the other hand the continued availability of fossil fuels can not keep pace with the development of science and technology. To overcome the problem is needed alternative fuel substitute fossil fuel one of them bioethanol. Bioethanol (C2H5OH) is a biochemical liquid from the fermentation process of sugar from carbohydrate sources using the help of micro organism commonly used as a premium additional fuel. The object in this study is the Honda Revo 2016 vehicle with a 110cc engine capacity. The method of testing engine performance using full open throttle valve method based on SAE J1349 testing standard. Fuel used premium pure (A0) and premium bioethanol mixture from brackish waste with mixed composition E5 (95% premium + 5% bioethanol), E10 (90% premium + 10% bioethanol), E15 (85% premium + 15% bioethanol ), E20 (80% premium + 20% bioethanol). Engine performance observed is: Torque, power, and specific fuel consumption. Research equipment and instrument used are chasis dynamometer, fuel meter, stopwatch and measuring cup. The results showed that the optimum engine performance in obtaining using E10 fuel is maximum torque of 0.92 Kgf.m at 6500 rpm rotation. While the maximum effective power is 9.16 PS, at a speed of 7500 rpm. The test results also show that the maximum effective average pressure generated at 10.717 kg / cm2 at 7500 rpm rotation. Specific Fuel Consumption of maximum 0.049 ml / ps Hours.

Keyword: Machine performance, mixture of premium and bioethanol from brem waste.



Published
2018-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 198
PDF Downloads: 111