PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM BAHAN BAKAR PADA SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 1 JABON SIDOARJO

  • ADI SETIONO
  • MUHAJI

Abstract

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah belum adanya perangkat pembelajaran berupa modul yang layak diukur berdasarkan tingkat kevalidan guna meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memelihara sistem bahan bakar bensin. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) mengetahui tingkat validitas kelayakan modul, (2) mengetahui aktivitas belajar siswa dengan adanya bantuan modul dan metode pembelajaran yang tepat, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan modul pembelajaran ini adalah model pengembangan Dick and Carey dengan meliputi sepu;uh tahap pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo dengan jumlah 34 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 17 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 17 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan sistem undian. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar validasi modul, lembar validasi RPP, dan lembar hasil belajar pretest dan posttest. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1) modul ini valid dan layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari ahli Bahasa 87,5%, ahli desain 85,12%, dan ahli materi 80,75%, (2) hasil validasi RPP sebesar 89% dengan kategori sangat valid, (3) hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini berarti proses belajar mengajar dengan menggunakan modul sistem bahan bakar bensin lebih efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan modul, aktivitas belajar siswa, hasil belajar.

Abstract

The background of this study is the absence of learning devices in the form of modules that are properly measured based on the level of validity in order to improve student learning outcomes in basic competencies in maintaining a gasoline fuel system. The objectives of this study include: (1) knowing the level of validity of module, (2) knowing student learning activities with the help of modules and appropriate learning methods, (3) knowing the improvement in student learning outcomes. The research method used in the development of this learning module is the development model of Dick and Carey by covering ten stages of development. This research was conducted at SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo. The subjects taken from this study were class XI TKR students at SMK Negeri 1 Jabon with 34 students divided into two groups, 17 students as the experimental group and 17 students as the control group. The sample selection method is done randomly with a lottery system. Data analysis used a quantitative descriptive approach. The research instrument used for data collection was in the form of module validation sheets, RPP validation sheets, and learning outcomes sheets of the pretest and posttest. The results obtained include: (1) this module is very valid and feasible to use based on the assessment of 87,5% linguists, 85,12% design experts, and 80,75% material experts, (2) the RPP validation results are 89% with a very valid category, (3) student learning outcomes for the experimental class are higher than the learning outcomes of the control class. This means that the teaching and learning process using the gasoline fuel system module is more effectively used in learning.

Keywords: Module development, student activity, learning outcomes.


Published
2019-05-07
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 28