Penerapan Media Pembelajaran Mach 3 Turn Pada Pemrograman Mesin CNC Berdasarkan Desain CAD di SMK Negeri 12 Surabaya

  • FANDY AHMAD SAPUTRA
  • FIRMAN YASA UTAMA

Abstract

Ketersediaan sarana pembelajaran menjadi kendala dalam proses pembelajaran mesin CNC di SMK Negeri 12 Surabaya. Hal ini membuat siswa kesulitan dalam memahami materi ajar sehingga hasil belajar rendah. Pembelajaran mesin CNC yang masih menggunakan program CNC TU tidak relevan dengan kebutuhan di industri. Solusi bagi permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak berbasis komputer. Mach 3 Turn bisa menjadi media pembelajaran yang cocok dan relevan dengan kebutuhan di industri. Mach 3 Turn telah menerapkan program untuk mesin CNC PU. Mach 3 Turn dapat digunakan untuk mengaplikasikan program yang dibuat dalam bentuk tampilan yang interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap Mach 3 Turn dan hasil belajar siswa. Desain penelitian menggunakan One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner respon siswa dan tes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 64,72 dan rata-rata nilai posttest tertulis sebesar 78,38 serta rata-rata nilai posttest Mach 3 Turn sebesar 76,90. Analisis data hasil uji t berpasangan diperoleh nilai t hitung -7,376 < -2,048 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menerapkan media Mach 3 Turn. Analisis respon siswa terhadap Mach 3 Turn sebesar 85,23%. Hasil ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap Mach 3 Turn sangat positif.

Kata Kunci : Mach 3 Turn, pemrograman mesin CNC.
Published
2019-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 420